Candr Wibowo bersama istri dan anak-anaknya. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Candra Wibowo sukses membawa Janjaya Group  memiliki lini bisnis di berbagai bidang. Pria kelahiran 38 tahun lalu ini mempunyai usaha di bisang kuliner, wisata, laundry hingga bengkel.

Selama membangun gurita bisnisnya. suami dari Lita Wibowo ini pernah nyaris putus sekolah dan diusir dari rumah kontrakan. Kegigihan Candra Wibowo membuahkan hasil, Janjaya Group kini memperkerjakan 300 karyawan. Baginya Lita merupakan partner diskusi untuk mencari solusi setiap masalah yang dihadapi.

Candra Wibowo CEO Janjaya Group, Nyaris Putus Sekolah Kini Punya 300 Karyawan

Berlokasi di Comando Coffee, Kartasura, Sukoharjo yang menjadi salah satu lini bisnisnya, pengusaha muda Soloraya ini menuturkan perjalanan hidupnya  dan rumah tangganya kepada wartawan Solopos, Shoqib Angriawan.

Bagaimana membentuk karyawan yang berkualitas?

Dengan karyawan yang cukup banyak, saya selalu menekankan pentingnya loyalitas dalam bekerja. Saya tidak ingin karyawan terbebani dengan visi perusahaan.

Salah satu unsur penting dalam wirausaha adalah sumber daya manusia. Makanya saya selalu menekankan kemandirian, tanggung jawab, dan loyalitas dalam bekerja.

Bagaimana dengan dukungan keluarga terhadap Anda?

Pada 2008 saya menemukan tambatan hati dan menikah dengan Lita Wibowo. Kami berkomitmen untuk hidup mandiri dan tidak mau menyusahkan orang tua. Ini saat yang tidak mudah karena kami baru membangun bisnis.

Namun keluarga, terutama istri selalu mendukung saya. Kami selalu berdiskusi bersama untuk mencari apa yang terbaik.

Apa pesan bagi generasi muda sekarang?

Setiap individu memiliki jiwa untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Namun, butuh latihan untuk mengasah bakat tersebut. Jangan segan untuk belajar. Bahkan carilah ilmu sampai ke liang lahat.

Apa impian yang masih ingin diwujudkan?

Saya memiliki impian untuk mendirikan pondok pesantren untuk anak yatim. Anak-anak dari keluarga tidak mampu harus mendapatkan pendidikan yang layak. Selain itu mereka nanti juga akan diberikan bekal ilmu wirausaha.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten