Candi Plaosan sepi pengunjung

Minggu, 10 Juli 2011 - 23:59 WIB Penulis: Redaksi Solopos.com Editor: Nadhiroh | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Candi Plaosan (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)


Candi Plaosan (SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

Klaten (Solopos.com)–Kondisi objek pariwisata Candi Plaosan di Dukuh Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten selalu sepi pengunjung lantaran minimnya media promosi.

Pantauan Espos di lokasi, Sabtu (9/7/2011), kondisi candi yang terletak sekitar satu kilometer dari timur Candi Prambanan dan Candi Sewu ini cukup lengang. Espos hanya mendapati kurang dari 10 pengunjung selama memantau satu jam.

“Sebenarnya Candi Plaosan tidak kalah cantik dengan Candi Prambanan. Tetapi, nyatanya Candi Prambanan lebih banyak dikunjungi wisatawan daripada Candi Plaosan,” tutur Windarto, 30, salah seorang pengunjung di Candi Plaosan.

Warga Manisrenggo ini menyayangkan kurangnya inisiatif dari pengelola Candi Plaosan untuk mendongkrak jumlah pengunjung. Menurutnya, jika antara Candi Plaosan dan Candi Prambanan dimasukkan dalam satu paket wisata tentu jumlah pengunjung akan meningkat.

”Selama ini paket wisata itu melibatkan tiga tempat yakni Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Situs Ratu Boko. Akan lebih baik jika Plaosan masuk dalam satu paket wisata itu,” tukas Windarto.

Penjaga retribusi masuk Candi Plaosan, Dwi Wijoso mengakui jumlah pengunjung candi itu relatif minim. Menurutnya, tidak ada perbedaan jumlah wisatawan antara liburan maupun hari-hari biasa.

”Jumlah pengunjung tidak pasti per harinya. Terkadang sekitar belasan orang, terkadang puluhan. Biasanya mereka datang bersama teman, keluarga atau rombongan,” tandas dia.

Dia juga mengakui selama ini Candi Plaosan tidak masuk dalam paket wisata bersama Candi Prambanan maupun Candi Borobudur. ”Promosi wisata memang tidak segencar Candi Prambanan atau Borobudur. Tetapi, itu (promosi-red) kebijakan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Klaten,” urai dia.

Candi Plaosan dibangun pada abad ke IX oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

(mkd)

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif