SOLOPOS.COM - Didi Kempot (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Campursari Idol Sragen bakal digelar dengan menghadirkan Didi Kempot sebagai juri audisi.

Solopos.com, SRAGEN — Seniman campursari kondang Didi Kempot dijadwalkan ikut ambil bagian dalam tim juri pada audisi tahap akhir Sragen Campursari Festival (SCF) atau Campusari Idol yang rencananya digelar 17 September mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Audisi tahap pertama yang rencananya digelar serentak di lima kecamatan pada 27 Agustus diubah menjadi 16 September. Terdapat 12 lagu campursari pilihan yang boleh dinyanyikan peserta audisi. Ke-12 lagu campursari itu adalah Nyidam Sari, Yen Ing Tawang Ono Lintang, Caping Gunung, Panjer Rino, Prahu Layar, Tawangmangu Indah, Loro Asmoro, Tetesing Tresno, Gubug Asmoro, Wuyung, Esemmu, dan Ngimpi. Salah satu dari 12 lagu campursari itu harus dibawakan peserta audisi.

Kegiatan yang diselenggarakan Sragen Kreatif Kultura dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Sragen itu bertujuan melestarikan kesenian campursari sekaligus menjadi ajang pencarian bakat seniman campursari.

”Didi Kempot dijadwalkan hadir sebagai juri pada audisi tahap akhir. Saat itu akan dilipilih 12 peserta terbaik,” jelas Kasi Sejarah Purbakala dan Nilai-Nilai Tradisi, Disbudparpora Sragen, Anjarwati Sri Sayekti kepada Solopos.com, Minggu (14/8/2016).

Anjar mengakui Sragen merupakan salah satu gudang seniman campursari. Menurutnya, di Bumi Sukowati itu cukup banyak penyayi campursari dan pesinden.

”Potensi itu sudah ada. Lalu, kenapa tidak diangkat ke permukaan. Tidak menutup kemungkinan ajang ini bisa berlanjut ke tingkat provinsi dan nasional,” papar Anjar.

Salah satu seniman campursari senior asal Sragen S. Harsono mendukung program pencarian bakat penyanyi campursari asal Sragen tersebut.

”Pada prinsipnya saya berharap ada vokalis-vokalis campursari yang sesuai harapan. Saya bersedia mengajak para pemenang audisi ini untuk rekaman di studio saya. Saya bisa menciptakan lagu untuk mereka. Lagu mereka sudah pasti diedarkan. Namun, sejauh ini saya belum diajak berkomunikasi dengan panitia terkait kelanjutan dari pencarian bakat penyanyi campusari itu,” papar S. Harsono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya