Camat Tawangmangu Ingatkan Ini Kepada Pengunjung Pertapaan Pringgodani

Camat Tawangmangu mengingatkan pengunjung yang akan ke Pertapaan Pringgodani harus dalam kondisi sehat karena lokasinya menanjak dan suhunya dingin.

 Pertapaan Pringgondani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng. (Karanganyarkab.go.id)

SOLOPOS.COM - Pertapaan Pringgondani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng. (Karanganyarkab.go.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kasus kematian pengunjung di kawasan wisata religi Pertapaan Pringgodani, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memantik reaksi pemerintah setempat.

Camat Tawangmangu, Eko Jati Wibowo, mengingatkan pengunjung agar memastikan kondisi kesehatan mereka sebelum berkunjung ke Pertapaan Pringgodani. Selain kondisi jalanan menanjak menaiki bukit, suhu udara yang dingin karena berada lereng Gunung Lawu harus jadi perhatian pengunjung.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Butuh tenaga ekstra bagi pengunjung yang hendak ke Pertapaan Pringgodani. Dari lokasi parkir ke pertapaan, pengunjung harus berjalan sekitar 2,5 kilometer.

“Jalannya naik terus. Udaranya juga dingin, belum lagi kalau hujan turun. Jadi harus punya tenaga lebih dan kondisi tubuh sehat,” katanya ketika berbincang dengan Solopos.com pada Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, kasus kematian pengunjung di kawasan wisata religi Pringgodani harus menjadi peringatan bersama. Ia pun mengingatkan pengunjung tidak memaksakan diri saat mengunjungi kawasan wisata religi Pringgodani tersebut jika kondisi badan tak sehat. Terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti jantung.

Baca Juga: Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Sebagaimana diketahui seorang pengunjung asal Buran Wetan, Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Makmur Dwi Raharjo, 50, meninggal di Pertapaan Pringgodani. Korban terkena serangan jantung saat hendak melakukan pertapaan pada Kamis (26/5/2022). Korban meninggal dunia pukul 14.30 WIB saat dalam perjalanan menuju Puskesmas Tawangmangu.

Proses evakuasi sempat terhambat cuaca dan kondisi medan yang tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Evakuasi dilakukan dengan ditandu oleh tim sukarelawan di tengah hujan lebat.

Sebelumnya, korban memimpin rombongan dari Tasikmadu sebanyak 10 orang. Mereka tiba di pos masuk Wisata Pringgodani di Blumbang Lor, Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu Kamis pada pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Asale Pertapaan Bancolono di Karanganyar, Air Sendangnya Dibawa ke IKN

Korban bersama rombongan datang untuk melakukan ritual tirakatan. Selanjutnya berjalan kaki menuju ke lokasi wisata religi Pringgodani dan tiba sekitar pukul 10.30 WIB. Namun sesampainya di lokasi korban mengeluh kecapekan dan mengalami sesak napas.

Korban sempat mendapatkan pertolongan pertama dari sukarelawan dan Polsek Tawangmangu. Namun nyawanya tak tertolong saat perjalanan menuju Puskesmas.

“Hasil pemeriksaan tim medis korban mengalami serangan jantung. Korban memiliki riwayat sakit jantung dari keterangan pihak keluarga,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

+ PLUS Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

Masyarakat modern menjadikan kebun binatang sebagai media tontonan atau wahana hiburan. Namun, manusia juga pernah diberlakukan sebagai objek tontonan pengunjung layaknya hewan di kebun binatang.

Berita Terkini

Harga Jual Porang di Wonogiri Anjlok, Ini Alasannya

Harga jual porang di Kabupaten Wonogiri anjlok hingga Rp2.300/kg dari harga normal senilai Rp6.000-Rp7.000/kg.

Radius Jalur Zonasi PPDB SMA di Sukoharjo Kian Pendek, Ini Sebabnya

PPDB jalur zonasi menerapkan penghitungan koordinator rumah calon siswa baru dengan sekolah.

Pemkab Sragen Diminta Siap Hadapi Lonjakan Permohonan SKKH

Warga meminta Pemkab Sragen siap menghadapi lonjakan permintaan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menjelang hari raya kurban.

Kabar Duka, Pendiri Yarsis Muhammad Djufrie Meninggal Dunia

Almarhum Muhammad Djufrie diketahui jatuh di rumah pada Jumat pagi.

Ironi SD Inklusi di Karanganyar Tak Punya Guru Inklusi, Ini Saran Pakar

Guru-guru di SD inklusi di Karanganyar diminta menerapkan konsep kurikulum akomodatif dalam pembelajaran di kelas yang terdapat anak berkebutuhan khusus (ABK).

Alhamdulillah, PPPK Karanganyar Terima 3 Gaji Sekaligus

Sebanyak 1.400-an pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Karanganyar yang baru diangkat Juni lalu menerima pembayaran tiga gaji sekaligus.

Sakjose! Bugisan Klaten Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, masuk daftar 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Puluhan Model Meriahkan Pembukaan Solo Fashion Week 2022 di Mal Paragon

Puluhan model memeragakan busana untuk memeriahkan pembukaan event Solo Fashion Week 2022 di Solo Paragon Mall, Jumat (1/7/2022).

Demo di DPRD Sukoharjo, Warga Tuntut Izin Usaha Holywings Dicabut!

Aksi unjuk rasa terkait Holywings di DPRD Sukoharjo tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo.

Warga Karanganyar Lebih Suka Alat Kontrasepsi Ini Ketimbang Kondom

Warga Karanganyar peserta aktif KB lebih suka menggunakan alat kontrasepsi suntik ketimbang jenis lain.

Kunjungi Desa Wisata Bugisan, Sandiaga Kepincut Ecoprint-Pring Sedapur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengunjungi Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Jumat (1/7/2022).

Wow! Butuh 2 Tahun Lho Membujuk Dream Theater Agar Mau Konser di Solo

Rajawali Indonesia mengaku butuh waktu sekitar dua tahun untuk membujuk Dream Theater agar mau menggelar konser di Solo pada 10 Agustus mendatang.

Tjahjo Kumolo Meninggal, Rudy Kenang Momen Cium Tangan Gegara TKPK

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku sangat berduka dan kehilangan sosok Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Belum Diterapkan di Jateng, Beli BBM Pakai MyPertamina di Sragen Bisa?

Jateng tidak masuk wilayah uji coba MyPertamina untuk pembelian BBM bersubsidi. Namun SPBU di Sragen sudah melayani pembelian BBM menggunakan MyPertamina.

Hari Terakhir PPDB, Pendaftar Menumpuk Di SMKN 8 Solo, Kenapa Ya?

Terjadi penumpukan jumlah pendaftar di SMKN 8 Solo pada hari terakhir pendaftaran PPDB jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023, Jumat (1/7/2022).

Sejoli Ngaku Mampir Mandi di Kamar Hotel Klaten Dikenakan Wajib Lapor

Tim gabungan menggelar razia di sejumlah hotel di Klaten, Kamis (30/6/2022).