SOLOPOS.COM - Ginda Ferachtriawan (Solopos-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Gibran Rakabuming Raka belum menyebutkan nama tokoh yang menjadi bakal calon Wakil Wali Kota Solo berpasangan dengan dirinya di Pilkada Solo 2020. Namun, kubu pendukungnya sudah mulai menyebut satu nama, yakni politikus muda PDIP Solo Ginda Ferachtriawan.

Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo, Antonius Yogo Prabowo, mengaku menyambut positif munculnya 12 nama calon Wali Kota-calon Wakil Wali Kota Solo yang mendaftar melalui PDIP. Banyaknya figur yang muncul, katanya, menunjukkan demokrasi di Solo tumbuh dengan baik untuk mewujudkan kesejahteraan warga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi Yogo berharap pendamping Gibran Rakabuming merupakan figur yang sama-sama muda, namun mengerti masalah perkotaan dan tata kelola pemerintahan. Salah satu figur yang memenuhi kriteria itu yakni Ginda Ferachtriawan.

"Menurut saya pribadi Ginda Ferachtriawan salah satu figur yang layak mendampingi Gibran. Tapi semua kembali ke DPP PDIP," kata Yogo, Senin (16/12/2019).

Kubu Gibran Rakabuming Yakin Kalahkan Purnomo Setelah Desember 2019

Meski demikian, dia juga menyebut nama lain sebagai opsi lain calon pendamping Gibran. "Di sisi lain, saya mengapresiasi sosok Diah Warih Anjari sebagai satu-satunya cawawali perempuan,” ujar dia.

Yogo juga menanggapi hasil survei Median yang menunjukkan elektabilitas Gibran Rakabuming masih kalah dari Achmad Purnomo. Dari hasil survei elektabilitas top of mind dari ratusan responden tersebut, Achmad Purnomo dipilih sebagai Wali Kota Solo oleh 40,9 persen responden.

Alasan Pemilih Gibran Rakabuming di Pilkada Solo: Muda dan Putra Jokowi

Sementara itu, Gibran berada di posisi kedua setelah dipilih oleh 19,1 respoden sebagai calon Wali Kota Solo yang diinginkan. Kemudian nama lainnya yang juga dipilih yakni Budi Prasetyo sebesar 3,8 persen, Teguh Prakorsa sebanyak 3,4 persen, dan Sugeng Riyanto sebesar 2,0 persen.

“Kami berpikir positif masih punya waktu untuk mengejar marjin dengan Pak Purnomo. Hingga tiba waktunya fit and proper test kandidat cawali-cawawali oleh DPP PDIP, target marjin sudah tersusul,” ujar Yogo.

Ginda Ferachtriawan Calon Pendamping Gibran Rakabuming di Pilkada Solo?

Informasi yang diperoleh Yogo, uji kelayakan dan kepatutan para cawali-cawawali akan dilakukan DPP PDIP pada Desember 2019 ini. Dengan terus kelilingnya Gibran untuk menemui warga Solo, Yogo menilai semua masih on the track.

Apalagi sosialisasi sosok pengusaha Martabak Kota Barat (Markobar) itu juga gencar dilakukan puluhan elemen sukarelawan. “Gibran gencar blusukan ketemu langsung warga. Para sukarelawan pun juga terus bergerak,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya