SOLOPOS.COM - Ilustrasi dekorasi pernikahan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Biaya pernikahan menjadi hal yang paling dipikirkan para calon pengantin agar pesta pernikahan berjalan dengan lancar.

Pernikahan merupakan acara sakral yang diharapkan hanya dilakukukan sekali seumur hidup. Tentu saja, dibutuhkan persiapan yang matang demi melaksanakan pernikahan yang diidamkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika tanpa persiapan yang matang, bukan tak mungkin rencana pernikahan yang diharapkan akan menjadi berantakan.

Maka dari itu, agar hal tersebut tidak sampai terjadi tentunya perlu memahami tentang pentingnya menyiapkan segala sesatu, seperti dana pernikahan, terutama perincian biaya yang diperlukan. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan mengenai perincian yang diperlukan, Rabu (21/9/2022) untuk pernikahan.

Jika dihubungkan dengan pernikahan, kebanyakan orang tak segan akan mengeluarkan dana maupun biaya yang cukup besar.

Baca Juga: Romantisnya Gibran-Selvi saat Sesi Pemotretan di Solo, seperti Foto Prewedding

Beberapa contoh pengeluaran yang memerlukan biaya yang cukup besar seperti sewa gedung, kebutuhan konsumsi, dokumentasi, akad, seserahan, hingga busana pengantin. Namun jika menginginkan yang lebih simple bisa juga menggunakan jasa WO (wedding organizer).

Secara umum, setiap rencana pernikahan mempunyai rincian dan jumlah yang berbeda, tergantung keinginan, jumlah undangan, dan hal lainnya.

Jika menginginkan pernikahan dengan jumlah undangan bekisar 500 orang, biaya yang dibutuhkan berkisar Rp100 juta– Rp150 juta. Sedangkan untuk pernikahan yang mewah dengan jumlah undangan lebih dari 500 orang, maka biaya yang dibutuhkan bisa mencapai Rp500 juta bahkan bisa lebih.

Agar lebih memahami tentang perhitungan biaya pernikahan, berikut merupakan contoh perhitungan jika menggunakan konsep yang sederhana dengan budget Rp100 juta – Rp500 juta.

Baca Juga: Calon Pengantin Merapat! Modal Rp20 Juta Bisa Bikin Pesta di Aston Solo Hotel

Berikut beberapa kebutuhan dalam gambaran perincian biaya pernikahan:

  1. Biaya penghulu Rp600.000
  2. Tes kesehatan Rp1 juta
  3. Gedung dan dekorasi Rp4 juta
  4. Konsumsi Rp50 juta
  5. Busana dan rias pengantin Rp15 juta
  6. Undangan dan suvenir Rp5 juta
  7. Dokumentasi Rp3 juta
  8. Photobooth Rp2 juta
  9. MC dan Hiburan Rp6 juta
  10. Mahar dan seserahan Rp10 juta
  11. Cincin pernikahan Rp1 juta
  12. Biaya lain-lain Rp3 juta

Total Biaya Rp110 juta

Gambaran perincian biaya tersebut merupakan pernikahan jika digelar tanpa menggunakan jasa WO (wedding organizer). Namun jika menggunakan jasa WO, biaya yang harus dipersiapkan tentunya harus berdiskusi dahulu dengan pihak WO agar dapat memperhitungkan budget yang dipersiapkan.

Namun demikian biaya pernikahan bisa fleksibel tergantung kemampuan masing-masing. Sebaiknya tidak perlu terlalu memaksakan diri mengeluarkan biaya pernikahan di luar kemampuan dan hindari juga berutang untuk biaya pernikahan agar hidup rumah tangga yang baru dibangun bisa berjalan lebih bahagia dan tak terbebani masalah utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya