SOLOPOS.COM - Logo Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (Smanegeri2sampit.sc.id)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi, Ujian Tulis Berbasis Komputer serta Seleksi Bersama Masuk PTN. LTMPT memutuskan para calon mahasiswa pada UTBK-SBMPTN tahun ini boleh memilih dua program studi sekaligus.

Tahun ini LTMPT telah berintegrasi dengan Dirjen Vokasi Kemendikbud, sehingga seluruh program studi jenjang D4 bisa ikut serta dalam proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto menambahkan, terkait dengan pilihan program studi bagi siswa. Pada dua jalur masuk perguruan tinggi siswa berkesempatan memilih dua program studi. Siswa bisa memilih salah satu atau keduanya program studi jenjang D4. “Jadi misalnya boleh memilih 2 prodi. misalkan di universitas A pilih satu prodi S1, satunya lagi prodi D4 itu boleh,” jelas Budi, Senin (4/1/2021). 

Simak 21 Resolusi Jitu Atur Uang di Tahun 2021!

Budi juga menjelaskan bahwa Politeknik akan memberikan bobot lebih kepada yang jurusannya dari SMK. “Kalau anak SMK kesempatannya akan lebih besar di indeks sekolah. sehingga kans untuk bisa masuk bisa lebih tinggi dibandingkan dengan di program akademik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua LTMPT Moh. Nasih menambahkan bahwa siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan mendapatkan poin dan kesempatan lebih besar untuk masuk dibandingkan dengan ketika mendaftar ke program studi jenjang Strata 1 (S1).

Cakup Pula Kemenag

“Selain untuk Politeknik, hal ini juga berlaku bagi universitas di bawah naungan Kementerian Agama [Kemenag],” ujar Nasih.

Namun demikian,  untuk ikut seleksi tersebut, perguruan tinggi harus mengikuti aturan kuota LTMPT, yakni 20% dari jalur SNMPTN, 40% dari UTBK-SBMPTN, dan 20% dari jalur mandiri. “Jadi tidak bisa kuotanya semaunya sendiri, termasuk daya tampung dan proses yang dilakukan semua harus ikut aturan LTMPT,” tegas Nasih.

Waspada! Pemilik Zodiak Ini Kerap Pendam Emosi

Adapun LTMPT telah mengumumkan jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Ujiannya akan dibagi dalam dua gelombang.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN akan dilakukan 15 Maret-1 April 2021. Namun, sebelumnya para siswa kelas 12 diharapkan sudah melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu.

“Pelaksanaan UTBK SBMPTN akan dilakukan dalam dua gelombang, per gelombang dilaksanakan selama 7 hari, tiap hari 2 sesi pagi dan siang,” jelasnya pada konferensi pers LTMPT, Senin (4/1/2021).

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya