SOLOPOS.COM - Konsep PeceLand yang akan dibangun Pemkot Madiun. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pemkot Madiun bakal memiliki ikon wisata baru bernama PeceLand. Ini adalah tempat wisata berkonsep semimodern yang akan jadi andalan Kota Pendekar, sebutan Kota Madiun, menarik wisatawan.

PeceLand akan dibangun selama tiga tahun mulai tahun ini. Pada tahap pertama, Pemkot telah menganggarkan dana Rp10 miliar untuk membangun PeceLand. Pemkot pun sudah mulai mengenalkan hal ini kepada masyarakat melalui branding mobil dinas wali kota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PeceLand ini berlokasi di lahan seluas 15 hektare di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo atau dekat di kampus Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Akan ada sejumlah zonasi yang bakal memanjakan pengunjung di antaranya Urban Farming, Rest Area, Amusement Park, Galeri Silat, dan Theme Park.

Pemkot Madiun Dorong Semua Perusahaan Raih Penghargaan Zero Accident

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan PeceLand sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. Untuk tahap awal pembangunan PeceLand adalah dengan mulai penanaman pohon turi, tomat, dan cabai.

“Untuk dua tahun lagi kebun turi yang saat ini sudah mulai ditanam sudah bisa panen,” kata dia seusai menjadi pembicara dalam Konsultasi Publik dan Musrenbang Tingkat Organisasi Perangkat Daerah Dinas Perdagangan Kota Madiun 2021 di Hotel Sun City, Rabu (5/2/2020).

Urban Farming di PeceLand. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Pemkot Madiun Akan Benahi Lahan Parkir Sumber Umis

Untuk mendorong pembangunan, termasuk pembangunan PeceLand, Maidi sudah membentuk Tim Percepatan Pembangunan yang terdiri atas enam organisasi perangkat daerah (OPD) salah satunya Dinas Perdagangan.

Dia menyampaikan sudah ada enam investor yang tertarik mengelola PeceLand. “Kita akan rapatkan lebih dahulu dengan Tim Percepatan. Ada yang ingin investor menggarap infrastruktur, ada yang ingin mengelola keramaian. Tetapi kan harus ada satu manajer,” jelas dia.

Pembangunan PeceLand ini ditarget rampung dalam tiga tahun. Pembangunan di tahun pertama fokus pada infrastruktur, sehingga pada tahun kedua sudah bisa dioperasikan untuk kegiatan penjualan.

Theme Park di PeceLand. (Istimewa/Pemkot Madiun)
Theme Park di PeceLand. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Jadi yang Tercepat Susun Laporan Keuangan, Pemkot Madiun Dipuji BPK Jatim

PeceLand ini juga diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan di Kota Madiun. Selain itu, juga sebagai window display Jatim bagian barat. Di PeceLand ini juga akan disediakan berbagai kuliner serta hasil kerajinan dari berbagai daerah di Madiun Raya.

PeceLand ini akan menjadi kampung pecel yang dikemas secara modern. Ada sejumlah komoditas pertanian yang akan ditanam di PeceLand seperti cabai, bawang, kacang, dan pohon turi. Selain itu, juga ada tanaman yang berkhasiat seperti tanaman obat herbal.

PeceLand juga akan dilengkapi tempat membuat sambel pecel, termasuk tempat untuk memproduksi madumongso. Akan ada pula pertunjukan kesenian pencak silat yang bisa menghibur wisatawan. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya