SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI – Seorang jemaah calon haji asal Desa Wonosari, RT 006/ RW 003 Kabupaten Pekalongan, Susanto Harjo Pranoto, 65, meninggal dunia, Sabtu (20/7/2019) dini hari sekitar pukul 01.40 WIB. Susanto meninggal di embarkasi haji Donohudan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Jemaah calon haji ini meninggal karena penyakit jantung.

Jemaah asal Kabupaten Pekalongan masuk ke asrama haji pada Jumat (19/7/2019) dan akan mulai diberangkatkan dalam tiga kloter mulai Sabtu dini hari. “Karena meninggal sebelum keberangkatan, jenazah akan dipulangkan dan dimakamkan di tempat asalnya,” ujar Humas Embarkasi Donohudan, Agus Widakdo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Susanto menjadi jemaah calon haji ketiga yang meninggal dunia. Sebelumnya jemaah asal Kabupaten Blora, Sumiyatun, dan jemaah asal Kabupaten Karanganyar, Mudjahid Damanhuri juga meninggal karena penyakit jantung. Sumiyatun meninggal di pesawat saat perjalanan menuju Mekah sementara Mudjahid meninggal setelah tiba di Jedah.

Sementara itu, hingga Sabtu siang, delapan orang jemaah calon haji batal diberangkatkan karena kondisi sakit. Tiga di antaranya dirawat di RS Moewardi sementara lima yang lain menjalani observasi di klinik embarkasi. Jemaah berasal dari beberapa daerah seperti Kabupaten Kebumen, Kabupaten Batang, dan Kota Tegal. Mereka didiagnosis sejumlah penyakit seperti anemia, jantung, dan diabetes.

Agus menambahkan untuk jemaah calon haji yang batal berangkat karena alasan kondisi kesehatan bakal melakukan penerbangan susulan dengan kloter sesudahnya. “Dengan catatan kondisi kesehatan cukup membaik, masih ada sisa seat di penerbangan setelahnya, dan masih dalam masa pemberangkatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya