SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menilai kandidat pengganti dirinya, Agus Martowardojo merupakan sosok yang baik.

“Secara pribadi baik,” ujar Darmin saat dimintai pendapat di Jakarta, Senin (25/2/2013) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemilihan Agus, kata dia, tentu sudah dipertimbangkan secara matang. “Itu memang prerogatif presiden. Itu berarti sudah dipertimbangkan baik-baik,” tambahnya.

Saat disinggung Darmin hendak dicalonkan jadi Menteri Keuangan, pria kelahiran 21 Desember 1948 itu hanya tertawa. “Siapa yang bilang?” ujarnya sembari masuk ke mobil.

Masa jabatan Darmin sebagai Gubernur Bank Indonesia akan berakhir Mei tahun ini. Presiden mengajukan Agus Martowardojo sebagai kandidat tunggal gubernur Bank Indonesia ke DPR. Agus saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Sementara, Muliaman D. Hadad, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) enggan berkomentar terkait dengan pencalonan Agus. Meski demikian jajarannya mengaku akan banyak bersinggungan dengan Bank Indonesia ke depannya.

“Praktiknya pasti banyak persinggungan, saya rasa perlu banyak dibangun [kerja sama]. Termasuk early warning [peringatan dini ancaman ekonomi],” jelasnya.

Aviliani, Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN) menilai siapapun pengganti Darmin kebijakan BI yang berjalan sudah baik. Kebijakan devisa hasil ekspor yang harus masuk ke dalam negeri, surat utang dibeli Bank Indonesia dan suku bunga ditekan terbukti mampu menjaga ekonomi stabil. “Saya rasa kebijakan itu perlu kesinambungan,” jelasnya.

Soal tantangan gubernur yang baru, dia menilai menjaga tingkat inflasi stabil bukan hanya tugas BI. Kebijakan pemerintah juga berkontribusi terhadap stabilitas inflasi.

Dia memisalkan kebijakan impor hortikultura bisa memacu inflasi. “Nah ke depan koordinasi soal kebijakan ini harus lebih baik,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya