SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 60 orang calon Dimas dan Diajeng Sleman 2014 yang lolos ujian seleksi tertulis mengikuti tes wawancara, akhir pekan ini.

Mereka memperebutkan 30 posisi sebagai finalis ajang yang dibidani Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, para peserta telah mengikuti pembekalan berupa workshop terkait pengetahuan pariwisata dan kebudayaan, Jumat (3/4/2014).

“Hari ini penjuriannya ada di beberapa pos,” kata Anindita Diastata Yunarsa, Ketua Dimas Diajeng Sleman, Minggu (6/4/2014).

Tidak hanya mengenai pariwisata dan kebudayaan saja. Para peserta juga diuji karya tulisnya tentang ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Ada juga pos tes psikologi, publik speaking, bahasa Inggris atau bahasa asing lain, unjuk bakat, dan pengetahuan tentang seluk-beluk Dimas Diajeng,” papar Anindita Diastata Yunarsa.

“Wawancara dibuka selama dua hari sejak kemarin sabtu,” imbuhnya.

Salah satu peserta, Dwi Satriawan memilih menunjukkan bakatnya di bidang pencak silat melayu dan pembacaan puisi. “Pencak silat melayu itu karena saya aslinya dari Riau, tapi saya suka budaya Jawa,” kata mahasiswa fakultas Hukum UAD tersebut.

Dwi Satriawan mengaku ingin turut berperan dalam mempromosikan budaya dan pariwisata, khususnya Sleman. Meski berasal dari Riau, dia pun bisa menggunakan bahasa Jawa.

“Tapi baru bahasa yang ‘ngoko’. Kalau yang jawa krama masih belajar,” katanya. Dia juga mengungkapkan pernah mengikuti ajang serupa sebelumnya.“Setelah tes ini, prosedur berikutnya adalah kegiatan pemotretan,” ucap Anindita Diastata Yunarsa. Dia lalu mengatakan pengumuman finalis akan dilakukan pada 11 April nanti.

Finalis yang terpilih akan menjalani masa karantina. “Finalis akan menjalani karantina selama 4 hari sebelum malam grandfinal,” kata Ayu Laksmidewi, Kepala Disbudpar Sleman.

Selama karantina, finalis akan mengikuti berbagai workshop, pemotretan, table manner, bakti sosial, kunjungan media partner dan outbound.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya