SOLOPOS.COM - Mobil driverless yang dikembangkan Google bekerja sama dengan Lexus. (yahoonews)

Mobil driverless yang dikembangkan Google bekerja sama dengan Lexus. (yahoonews)

MOUNTAIN VIEW – California resmi menjadi negara bagian ketiga di Amerika Serikat (AS) yang mengizinkan beroperasinya mobil driverless alias mobil otomatis tanpa sopir. Gubernur Jerry Brown menandatangani RUU menjadi undang-undang (UU) terkait aturan tersebut, Rabu (26/9/2012), mengikuti jejak Nevada dan Florida.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir yahoonews, penandatangan UU tersebut dilakukan di kompleks Google di Mountain View, California, tempat para teknisi mengembangkan dan membangun konsep mobil driverless selama bertahun-tahun. Mobil driverless itu telah digunakan secara rutin oleh karyawan Google untuk bepergian ke dan dari tempat kerja.

Ekspedisi Mudik 2024

Meskipun penggunaan mobil driverless selama ini tak melanggar hukum, Google dan pihak-pihak lain yang berkecimpung di dalamnya berharap teknologi serupa bisa dimanfaatkan optimal serta secara eksplisit legal. Hal ini sekaligus menjernihkan kebingungan terkait penegakan hukum dan kemungkinan pelarangan di masa depan.

UU tentang mobil driverless di California disebut sedikit lebih banyak dibandingkan negara-negara bagian lain. Google percaya, mobil pintar ini akan terbukti jauh lebih aman dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan sopir manusia.

Setidaknya, dengan mengendarai mobil driverless tidak perlu khawatir tentang gangguan reaksional alami manusia. Perusahaan mesin pencari online ini menyatakan telah sukses menguji mobil driverless mereka dengan jarak tempuh 480.000 km tanpa sekali pun mengalami insiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya