Kategori: Haji

Calhaj Kloter 1 siap masuk Asrama Haji Donohudan


Solopos.com/
Ilustrasi (Dok.Solopos)

Boyolali (Solopos.com)-Sebanyak 364 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Kebumen yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1, Sabtu (1/10/2011), mulai masuk ke Asrama Haji Donohudan, pukul 08.00 WIB. Selain itu, dua kloter lainnya yang juga dari Kabupaten Kebumen akan masuk ke Asrama Haji, Sabtu, pukul 11.00 WIB dan 14.00 WIB.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Badrus Salam melalui Staf Humas PPIH Zainal Abidin, mengatakan Kloter I akan diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi, Minggu (2/10/2011). Direncanakan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, akan melepas keberangkatan Calhaj Kloter I.

“Besok (Sabtu) seluruh Calhaj Kloter I mulai masuk ke Asrama. Sebelumnya, seluruh koper jemaah telah datang dari Kebumen untuk melewati pemeriksaan petugas,” ujarnya kepada wartawan di Asrama Haji, Jumat (30/9/2011).

Zainal menambahkan untuk Embarkasi Solo akan memberangkatkan 33.810 Calhaj yang berasal dari jemaah Jateng, DIY dan Kalimanten Tengah (Kalteng).

“Ada perbedaan dalam pemberangkatan Calhaj, yakni Kloter didasarkan per karesidenan di Jateng,” tambah dia.

Selain itu, untuk Embarkasi Solo akan memberangkatkan 91 Kloter, dimana 90 Kloter merupakan Kloter resmi per daerah dan satu kloter merupakan kloter sapujagat.

“Kloter sapujagat itu untuk menampung para Calhaj yang sebelumnya menderita sakit dan mendapat perawatan di RS Dr Moewardi. Kloter sapujagat itu akan diberangkatkan tanggal 31 Oktober mendatang,” tambah dia.

Zainal mengatakan dari statistik yang ada, jumlah Calhaj wanita mendominasi jumlah keseluruhan Calhaj yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo yang mencapai lebih dari 50 persen dari sekitar 33.810 Calhaj. Selain itu, imbuh dia, usia Calhaj rata-rata 60 tahun.

Jadwal kedatangan Calhaj ke Embarkasi Solo, Sabtu (1/10):

Kloter        Asal  Jumlah Calhaj

1       Kab. Kebumen   364

2       Kab. Kebumen   370

3       Kab. Kebumen   370

 

Sumber: PPIH Embarkasi Solo. (fid)

Share
Dipublikasikan oleh
R. Bambang Aris Sasangka