Anggota DPRD Sukoharjo dari Partai Golkar, Agus Sumantri, berangkat ke acara pelantikan di Gedung DPRD Sukoharjo menggunakan becak, Senin (9/9/2019) pagi. (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Cara unik dilakukan sejumlah calon anggota legislatif (caleg) terpilih periode 2019-2024 untuk mengikuti prosesi pelantikan anggota DPRD di Gedung DPRD Sukoharjo pada Senin (9/9/2019).

Selain lima caleg terpilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memilih naik dokar, ada pula calon anggota DPRD Sukoharjo dari Partai Golkar, Agus Sumantri, yang memilih becak sebagai sarana transportasinya.

Agus Sumantri yang akan dilantik untuk kali ketiga sebagai wakil rakyat tersebut berangkat dari kediamannya di Kampung Mojo, Kelurahan Gayam, Sukoharjo. Rombongan diikuti mobil antik VW dan diikuti dua becak di belakangnya.

Becak pertama dinaiki Agus Sumantri beserta istri dan becak kedua diisi anggota keluarga lain. Sedangkan paling belakang disusul mobil pribadi. "Dengan naik becak ini diharapkan dalam menjalankan tugas kedewanan nanti selaku ingat dengan 'wong cilik'," ujar Agus.

Di Pileg lalu, Partai Golkar Sukoharjo berhasil mempertahankan lima kursinya. Kelima caleg terpilih untuk Dapil 1 Agus Sumantri, dapil 2 Giyarto, dapil 3 Santoso, dapil 4 Jaka Wuryanta, dan dapil 5 Sardjono. Semua anggota DPRD Partai Golkar periode 2019-2024 ini merupakan anggota DPRD petahana. 

Diberitakan sebelumnya, lima caleg terpilih dari PKS yakni Dapil 1 Martono, Dapil 2 Sri Sutasno, Dapil 3 M. Samrodin, Dapil 4 Siti Zakiyatun Nimah, dan dapil 5 Sumiyati, berangkat ke Gedung Dewan menggunakan dokar. Karakter Punakawan disertakan dalam prosesi pemberangkatan yang mengandung filosofi menganyomi dan melayani.

Setiap caleg dan keluarga menggunakan satu dokar. Selain caleg terpilih ikut dalam rombongan pengurus DPD PKS. Rombongan mulai diberangkatkan dari kantor DPD PKS pukul 08.00 WIB. 

"Filosofi Punakawan adalah mengayomi dan melayani. Sekaligus melestarikan Budaya Jawa. Prinsipnya kita ingin wakil rakyat PKS benar-benar merakyat sehingga kami representasikan dengan kendaraan tradisional," terang Ketua DPD PKS Sukoharjo, Ari Sarwanto. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten