Caleg DPR dari Partai Perindo, Henry Indraguna (keempat dari kiri), bersama petani menggelar panen raya di wilayah Kecamatan Juwiring, Klaten, beberapa waktu lalu.(Istimewa/Tim 911 HI)

Solopos.com, KLATEN -- Calon anggota legislatif (Caleg) DPR dari Partai Perindo, Henry Indraguna, menyerap aspirasi dari berbagai kalangan untuk menyiapkan program mengatasi persoalan yang membelit para petani. Serap aspirasi yang dilakukan Caleg DPR Dapil V tersebut termasuk kepada para petani di Klaten yang menjadi salah satu penyangga pangan Jawa Tengah.

Henry menjelaskan dari aspirasi yang ia terima dari para petani selama ini yakni kebutuhan air, keterlambatan pupuk, serta hama. “Selama ini saya mendapatkan kabar ada impor beras masuk ke Klaten. Saya mendatangi ke lahan pertanian dan saya mencari aspirasi dari petani ternyata tidak ditemukan beras impor di Klaten,” kata Henry saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (28/3/2019).

Henry menjelaskan selama ini masih ada sebagian petani yang kesulitan mendapatkan air untuk irigasi sawah mereka. Dalam hal ketersediaan pupuk, petani masih mengeluhkan pupuk kerap terlambat didistribusikan ketika petani memasuki musim tanam.

“Dalam persoalan pupuk, saya menduga ada modus permainan hingga distribusi pupuk sengaja terlambat. Ini yang masih saya dalami sebenarnya pangkal persoalannya di mana. Pupuk ini menjadi salah satu kebutuhan utama para petani untuk sawah mereka,” urai dia.

Selain itu, Henry menyoroti kesejahteraan petani. Kesejahteraan mereka masih bertolak belakang dengan peran petani sebagai penghasil sumber makanan pokok utama di Indonesia yakni beras. “Kok petani sebagai penghasil sumber utama makanan pokok di Indonesia justru banyak yang kehidupannya tidak sejahtera. Ini yang juga harus terus diperhatikan,” ungkapnya.

Guna mengurai persoalan-persoalan yang membelit petani, Henry mengatakan selama ini terus menyambangi para petani di berbagai pelosok. Selain itu, ia juga menyerap aspirasi dari para pemerhati pertanian di sejumlah wilayah termasuk Klaten. “Kenapa pertanian? Karena hampir 70 persen warga di dapil V itu petani,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten