SOLOPOS.COM - Cak Diqin (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Cak Diqin (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Mengaku prihatin dengan kesenian wayang orang di Solo, penyanyi dan pengarang lagu campursari kenamaan, Cak Diqin, akan  mempublikasikan pentas wayang orang Solo dalam bentuk video.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Proyek yang bakal digarap Desember 2012 mendatang itu merupakan salah satu cara yang ia lakukan untuk menyelamatkan kesenian wayang orang khususnya di Solo.

“Saya enggak tahu seberapa besar pengaruhnya nanti setelah video itu dipublikasikan. Namun saya yakin tetap ada dampaknya meski kecil,” ucapnya saat ditemui Solopos.com, di kediamannya, di Mojosongo, Rabu (3/10/2012).

Pentas yang diharapkan mampu menyelamatkan eksistensi wayang orang  itu bakal dimulai dengan mempertontonkan pertunjukkan wayang orang yang diperankan oleh artis-artis pilihan dengan tata panggung yang juga tak biasa. Setelah itu, ia bakal merekam pentas tersebut dalam bentuk VCD dan dipublikasikan ke masyarakat umum dengan harga murah.

Ia juga akan mempublikasikan pentas tersebut dengan mengunggahnya ke internet. “Kalau yang diunggah di internet nanti penggalan-penggalannya saja. Enggak rekaman utuh,” urainya.

Cak Diqin mengaku selama ini kaset wayang orang hanya diperjual belikan di kaum  minoritas dengan harga melambung tinggi. Sehingga cakupannya juga tak terlalu luas karena masyarakat kelas bawah tak bisa menjangkaunya.  Dalam pembuatan video itu, Cak Diqin, juga bakal menggandeng Pemkot Solo dan sejumlah pihak yang peduli dengan kesenian wayang orang. Saat ini ia tengah mematangkan konsep yang sudah mulai ia rintis sejak empat bulan lalu itu.

“Awalnya empat bulan lalu saya berbincang-bincang dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata [Disbudpar] Solo dan Sekda [Sekretaris Daerah. Hasil perbincangan itu  mulai saya garap serius,” tambahnya.

Sementara mengenai siapa saja artis yang bakal dilibatkan dalam pembuatan video itu, musisi campursari ini masih enggan menyebutkan nama-nama nya. “Belum tahu siapa. Tapi nanti pas Desember dipastikan siap pentas,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya