Cah Klaten Pemegang KIA Bisa Dapat Diskon Belanja di 3 Toko

Anak-anak pemegang kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ke depan bisa mendapatkan diskon bila berbelanja di sejumlah toko di wilayah setempat.

Cah Klaten Pemegang KIA Bisa Dapat Diskon Belanja di 3 Toko

SOLOPOS.COM - Kartu Identitas Anak (KIA). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, KLATEN — Anak-anak pemegang kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ke depan bisa mendapatkan diskon bila berbelanja di sejumlah toko di wilayah setempat.

Hal itu lantaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten telah merintis kerja sama dengan sejumlah pengusaha di Klaten terkait pemberlakuan diskon belanja bagi pemegang KIA.

Kepala Disdukcapil Klaten, Widya Sutrisna, mengatakan penandatanganan nota kerja sama sudah dilakukan tiga bulan lalu. Sudah ada tiga toko yang bekerja sama dengan Disdukcapil untuk pemberlakuan diskon bagi pemegang KIA.

Ketiga toko itu yakni Amigo Group (toko pakaian), Toko Jendela (toko buku), serta toko perlengkapan seragam di Jl. Sulawesi, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah.

“Perjanjian sudah kami lakukan. Untuk penerapannya seperti apa dan kapan dilakukan, kami serahkan ke masing-masing pengelola toko,” kata Widya Sutrisna saat berbincang dengan solopos.com, Jumat (28/6/2019).

Widya juga menjelaskan nilai diskon yang diberikan kepada para pemegang KIA ditentukan oleh masing-masing pengelola toko. Diskon tersebut hanya diberikan kepada pemegang KIA yang dicetak Disdukcapil Klaten dengan menunjukkan KIA asli yang dimiliki saat berbelanja.

“Dengan nilai lebih [diskon khusus] bagi pemegang KIA, kami berharap anak bisa termotivasi mengurus atau memiliki KIA,” kata dia.

Dia menjelaskan Disdukcapil Klaten mulai mencetak KIA sejak 2018. Sekitar 60.000 keping KIA sudah dicetak dan menjadi kartu identitas bagi warga berusia di bawah 17 tahun. Pencetakan KIA sempat terhambat selama sebulan pada Mei lalu lantaran menunggu pengadaan blangko.

Namun, dia memastikan sejak Juni ini pencetakan kembali normal. “Antusiasme warga untuk pencetakan KIA ini sangat tinggi. Kami bahkan kewalahan melayani pencetakan. Rata-rata kami mencetak 300-400 keping/hari,” kata dia.

Widya menegaskan pencetakan KIA diprioritaskan bagi pelajar yang akan menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi seperti kelas VI SD dan kelas IX SMP. Selain itu, pencetakan KIA diberikan kepada warga yang mengajukan permohonan akta kelahiran bagi anak baru lahir. 

Widya mengatakan Disdukcapil mengusulkan ada alokasi anggaran melalui APBD Perubahan 2019 untuk pengadaan blangko sebanyak 60.000 keping.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto, mengatakan ketersediaan blangko KIA di Dispendukcapil sekitar 4.900 keping.

“Untuk KIA yang sudah tercetak itu lebih dari 50.000 keping. Blangko dari pusat sebanyak 54.000 keping sudah habis untuk pencetakan,” kata dia. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Update Covid-19 Hari Ini: Positif 43.479, Sembuh 45.494, Meninggal 1.893

Secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 3.31.206.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Jos! Anthony Ginting Raih Tiket Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 18-21, 14-21 melawan pebulu tangkis tuan rumah Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengumuman! Ruas Jalan di Kawasan Perkotaan Klaten Ditutup Mulai Pukul 20.00 WIB

Belasan ruas jalan di kawasan perkotaan Klaten mulai ditutup sejak pukul 20.00 WIB-05.00 WIB setiap harinya selama PPKM Level 4.

Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dua pasangan calon pengantin di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri terpaksa menunda proses ijab kabul karena terkonfirmasi positif corona.