Tutup Iklan

Cah Klaten Pemegang KIA Bisa Dapat Diskon Belanja di 3 Toko

Anak-anak pemegang kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ke depan bisa mendapatkan diskon bila berbelanja di sejumlah toko di wilayah setempat.

Cah Klaten Pemegang KIA Bisa Dapat Diskon Belanja di 3 Toko

SOLOPOS.COM - Kartu Identitas Anak (KIA). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, KLATEN — Anak-anak pemegang kartu identitas anak (KIA) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ke depan bisa mendapatkan diskon bila berbelanja di sejumlah toko di wilayah setempat.

Hal itu lantaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten telah merintis kerja sama dengan sejumlah pengusaha di Klaten terkait pemberlakuan diskon belanja bagi pemegang KIA.

Kepala Disdukcapil Klaten, Widya Sutrisna, mengatakan penandatanganan nota kerja sama sudah dilakukan tiga bulan lalu. Sudah ada tiga toko yang bekerja sama dengan Disdukcapil untuk pemberlakuan diskon bagi pemegang KIA.

Ketiga toko itu yakni Amigo Group (toko pakaian), Toko Jendela (toko buku), serta toko perlengkapan seragam di Jl. Sulawesi, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah.

“Perjanjian sudah kami lakukan. Untuk penerapannya seperti apa dan kapan dilakukan, kami serahkan ke masing-masing pengelola toko,” kata Widya Sutrisna saat berbincang dengan solopos.com, Jumat (28/6/2019).

Widya juga menjelaskan nilai diskon yang diberikan kepada para pemegang KIA ditentukan oleh masing-masing pengelola toko. Diskon tersebut hanya diberikan kepada pemegang KIA yang dicetak Disdukcapil Klaten dengan menunjukkan KIA asli yang dimiliki saat berbelanja.

“Dengan nilai lebih [diskon khusus] bagi pemegang KIA, kami berharap anak bisa termotivasi mengurus atau memiliki KIA,” kata dia.

Dia menjelaskan Disdukcapil Klaten mulai mencetak KIA sejak 2018. Sekitar 60.000 keping KIA sudah dicetak dan menjadi kartu identitas bagi warga berusia di bawah 17 tahun. Pencetakan KIA sempat terhambat selama sebulan pada Mei lalu lantaran menunggu pengadaan blangko.

Namun, dia memastikan sejak Juni ini pencetakan kembali normal. “Antusiasme warga untuk pencetakan KIA ini sangat tinggi. Kami bahkan kewalahan melayani pencetakan. Rata-rata kami mencetak 300-400 keping/hari,” kata dia.

Widya menegaskan pencetakan KIA diprioritaskan bagi pelajar yang akan menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi seperti kelas VI SD dan kelas IX SMP. Selain itu, pencetakan KIA diberikan kepada warga yang mengajukan permohonan akta kelahiran bagi anak baru lahir. 

Widya mengatakan Disdukcapil mengusulkan ada alokasi anggaran melalui APBD Perubahan 2019 untuk pengadaan blangko sebanyak 60.000 keping.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Klaten, Sri Hartanto, mengatakan ketersediaan blangko KIA di Dispendukcapil sekitar 4.900 keping.

“Untuk KIA yang sudah tercetak itu lebih dari 50.000 keping. Blangko dari pusat sebanyak 54.000 keping sudah habis untuk pencetakan,” kata dia. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar