SOLOPOS.COM - Tembok di lingkungan Keraton Solo yang runtuh, Senin (15/1/2018). (Nicolaus Irawan/JIBI/Solopos)

BPCB Jateng memastikan bangunan yang temboknya runtuh di Kompleks Keraton Solo bakal dikembalikan seperti bentuk aslinya.

Solopos.com, SOLO — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah memastikan bakal merehabilitasi tembok pagar Dalem Prabuwinatan Kompleks Keraton Solo yang runtuh pada Senin (15/1/2017) malam dan mengembalikannya seperti bentuk aslinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain pagar Dalem Prabuwinatan, tembok bangunan sentral yang berbatasan dengan pagar Dalem Prabuwinatan juga akan dibongkar dan direhabilitasi dikembalikan seperti semula. Tembok bangunan itu harus dibongkar karena sudah rawan ambruk.

Namun demikian, pembongkaran tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. BPCB perlu melakukan kajian. Pada Selasa (16/1/2018), tim BPCB Jateng meninjau tembok yang ambruk, mendokumentasikan, dan melakukan pengukuran sebagai bahan atau referensi kajian.

Mereka mengukur berapa kemungkinan luas bangunan yang akan dibongkar dan direhabilitasi. “Yang pasti nanti tembok di sini akan dibongkar tapi tidak hari ini. Untuk agenda rehabilitasi kami segera memberi tahu lagi pihak Keraton,” kata Pengkaji Cagar Budaya BPCB Jateng, Wahyu Brotoraharjo, saat ditemui Solopos.com di Keraton Solo, Selasa.

Baca:

Tembok Kompleks Keraton Solo Runtuh, Ini Penjelasan Mbak Moeng

Firasat Mbak Moeng Sebelum Tembok Kompleks Keraton Solo Runtuh

Tembok Kompleks Keraton Solo Runtuh, Jalan Depan Sasana Putra Ditutup

Wahyu menjelaskan penyebab runtuhnya tembok bangunan di kawasan cagar budaya peringkat nasional itu salah satunya faktor usia. Sampai ada keputusan terkait rehabilitasi, BPCB Jateng meminta ada upaya memperkuat tembok untuk menghindari ambruk susulan.

“Jadi malam ini sampai besok harus ada perkuatan agar yang sudah retak-retak ini tidak roboh. Akses jalan juga ditutup sementara.”

Penutupan jalan di depan Sasana Putro untuk menghindari getaran. “Motor lewat itu juga memicu getaran. Khawatirnya ambruk. Belum lagi kalau banyak orang di sini. Jadi nanti pasti di bongkar tapi tidak hari ini kami masih mengumpulkan data.”

Sebagaimana diinformasikan, tembok di kompleks Keraton dekat tempat tinggal Raja PB XIII itu runtuh pada Senin malam. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya