SOLOPOS.COM - Pendapa Dalem Joyokusuman. (JIB/SOLOPOS/Dok)

Cagar budaya Solo yakni dalem Joyokusuman akan direstorasi oleh Pemkot Solo.

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendata penghuni yang menempati lahan Dalem Joyokusuman, seiring bergulirnya rencana merestorasi kawasan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo, Sutarja mengatakan ada empat keluarga yang menempati lahan Dalem Joyokusuman. Mereka menempati lahan di sisi barat gerbang Dalem Joyokusuman.

“Kami sudah mendata dan ada empat keluarga yang menempati lahan Dalem Joyokusuman,” kata Sutarja, Jumat (19/2/2016). Sutarja mengatakan para penghuni itu sudah menempati lahan sejak puluhan tahun silam.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, warga membeli lahan dari pemilik lama Dalem Joyokusuman. Sutarjo mengatakan terdapat bukti akta jual beli di notaris. Namun hal ini tentunya perlu dilakukan pengecekan kebenarannya.

Sutarja mengatakan segera menyerahkan hasil pendataan awal kepada Wali Kota guna menentukan langkah selanjutnya.
“Kami belum tahu apakah mereka nanti akan direlokasi atau bagaimana. Yang jelas keberadaan mereka nanti akan kena pengembangan kawasan Dalem Joyokusuman,” katanya.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Agus Djoko Witiarso mengatakan masih perlu mengamati site plan Dalem Joyokusuman. Langkah ini dilakukan guna menentukan batas-batas lahan Dalem Joyokusuman.

Saat ini, Agus belum melihat secara detail sertifikat tanah Dalem Joyokusuman. Dari sertifikat ini, menurut Agus, akan diketahui berapa bangunan milik warga yang berada di lahan Dalem Joyokusuman.

Nantinya, Agus akan meminta Badan Pertahanan Nasional (BPN) mengukur ulang Dalem Joyokusuman untuk melihat batas tanah dan bangunan Dalem Joyokusuman.

“Kami masih fokus kepada restorasi bangunan Joyokusuman sebagai tahap pertama revitalisasi,” kata dia.

Agus telah merancang rencana restorasi Dalem Joyokusuman. Dia mengatakan ada tiga rencana pekerjaan merestorasi Dalem Joyokusuman. Ketiga proyek ini meliputi, restorasi bangunan Dalem Joyokusuman, penataan lingkungan dan koridor Jl. Veteran dengan Dalem Joyokusuman.

“Total kebutuhan anggaran untuk merestorasi Dalem Joyokusuman mencapai Rp29 miliar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya