Tutup Iklan

Cagar Budaya Jadi Ganjalan Pembangunan Hutan Kota di Kridosono, Apa Solusinya?

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi mengatakan pasti ada jalan keluar terbaik terkait keberadaaan cagar budaya di Stadion Kridosono

 
Harianjogja.com, JOGJA –Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi mengatakan pasti ada jalan keluar terbaik terkait keberadaaan cagar budaya di Stadion Kridosono.

Seperti diberitakan sebelumnya, niatan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengubah Stadion Kridosono menjadi ‘hutan kota’ yang nyaman masih menemui sedikit rintangan.

Pasalnya, di stadion yang sering menggelar konser musik tersebut terdapat cagar budaya. Bagian stadion yang dicurigai sebagai cagar budaya adalah salah satu pintu stadion. Solusi dari keberadaan benda itulah yang saat ini masih terus diupayakan.

Gatot menyampaikan, dirinya belum mengetahui pasti area dan bangunan mana yang merupakan cagar budaya di Stadion Kridosono. Tapi, menurutnya setiap pembangunan yang melibatkan cagar budaya, harus mengikuti tatanan yang berlaku.

Mantan Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY itu melanjutkan, cagar budaya bukannya tidak boleh untuk dimodernisasi dan sebagainya. Namun memang harus ada aturan dan tatanan yang harus ditaati. Ia mencontohkan, renovasi pintu masuk Kompleks Kepatihan yang menghadap ke jalan Suryatmajan.

“Dinding Kompleks Kepatihan itu kan juga cagar budaya. Toh bisa disepakati bersama jalan keluarnya sehingga bisa seperti itu sekarang, Monggo lah, artinya pasti ada jalan keluar. Kalau cagar budaya kan intinya tidak boleh menghilangkan sejarah bangunannya. Itu kan bisa diartikan banyak sehingga harus dibicarakan lebih lanjut,” ucapnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/11/2017).

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan, yang menjadi cagar budaya tidak spesifik pintu masuk, namun lokasi dan beberapa komponen Stadion Kridosono merupakan cagar budaya.

Hingga saat ini, ia mengatakan belum ada pengajuan izin terkait pemanfaatan Stadion Kridosono. “Kalau sesuai regulasi ijin terkait cagar budaya di pusatkan di Kantor pelayanan Perizinan Pemda DIY. dengan pengampu teknis rekomnya di Disbud DIY,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Perhubungan, Tata Ruang, Permukiman dan ESDM Bappeda DIY Aris Prasena mengatakan secara garis besar, rencana pengalihfungsian Stadion Kridosono memang sudah ada, tapi untuk rencana detailnya belum dibuat sehingga belum diketahui apakah dinding tempat olahraga itu akan dirobohkan atau tidak.

Jika berbicara mengenai wacana pembangunan RTH di lokasi tersebut, Aris menambahkan, penataaan tidak bisa dilihat secara parsial, tapi harus sebagai entitas yang utuh, yakni penataan kawasan Kotabaru. Yang notabene adalah salah satu diantara Lima Kawasan Strategis Keistimewaan di Kota Jogja.

“Karena itu ketika dokumen perencaan secara lengkap sudah dibuat, baru bisa bicara detailnya. Lewat dokumen itulah nantinya konsep penataan Kotabaru akan diketahui; apakah tetap Garden City atau tidak; apakah Stadion Kridosono akan jadi prioritas atau tidak; dan penataan Jalan Suroto akan sampai mana,” tuturnya.

Dokumen perencanaan, imbuhnya, akan dibuat pada tahun 2018 oleh Pemerintah Kota Jogja dan diharapkan pada tahun itu, beberapa bagian sudah mulai dieksekusi dengan menggunakan dana keistimewaan (danais).

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi yang menyatakan, pada 2018 nanti penataan kawasan Kotabaru akan dimulai.

Lokasi yang ditata adalah Jalan Faridan M Noto, Jalan Suroto hingga Jalan Cik Di Tiro dengan menjadikannya jalur semi pedestrian.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Lokasi WNA Ukraina Tersesat di Merbabu Ternyata Jadi Habitat Elang Jawa

Blok Tulangan yang menjadi lokasi penemuan warga negara asing (WNA) yang tersesat di lereng Gunung Merbabu ternyata menjadi habitat dari elang jawa yang terancam punah.

Resmi, Dirut PT Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. (kiri) kembali terpilih sebagai Ketum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS Solo.

PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

6 Tahun Tugu Insurance Pertahankan Global Financial Strength Rating A

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia (Tugu Insurance) mempertahankan predikat Financial Strength Rating A-(Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of A- (Excellent) dari A.M. Best.