Cabup Pilkada Klaten: Didukung 7 Parpol, Pejabat Kementerian PUPR Ini Siap Tantang Sri Mulyani
Arif Budiyono (empat dari kiri) berpose dengan pimpinan parpol koalisi nasionalis-religius di Merapi Resto Klaten, Minggu (15/3/2020) malam. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Arif Budiyono, siap maju sebagai calon bupati atau cabup di Pilkada Klaten 2020.

Dengan dukungan koalisi tujuh partai politik (parpol) parlemen dan nonparlemen di DPRD Klaten, Arif Budiyono siap menantang cabup dari PDIP, Sri Mulyani.

Tujuh parpol pendukung Arif Budiyono meliputi empat parpol yang punya kursi di parlemen atau DPRD Klaten, yakni PAN (4 kursi), PKB (4 kursi), PPP (2 kursi), dan Partai Nasdem (satu kursi).

Tiga parpol lainnya dari nonparlemen, seperti PSI, Partai Hanura, dan PBB. Kecuali PBB, seluruh pimpinan parpol tersebut menghadiri Ramah Tamah untuk Pilkada 2020 di Merapi Resto Klaten, Minggu (15/3/2020) malam.

Miris, Wanita Ini Ceritakan Perlakuan Rumah Sakit ke PDP Corona

Koalisi tujuh parpol ini menamakan diri Koalisi Nasionalis-Religius. Total 11 kursi itu dari koalisi nasionalis-religius itu cukup untuk mengusung cabup-calon wakil bupati (cawabup) di Pilkada 2020.

Syarat minimal parpol atau gabungan parpol bisa mengusung cabup-cawabup harus memiliki sedikitnya 10 kursi di DPRD.

Dengan munculnya koalisi ini, kemungkinan akan ada tiga pasangan cabup dan cawabup yang bertarung di Pilkada Klaten 2020. Pertama, cabup-cawabup Sri Mulyani-Aris Prabowo yang diusung PDIP dengan dukungan 19 kursi di DPRD Klaten.

Pasien 01 Corona Sembuh, Menangis Profesinya Sebagai Penari Dihujat

Kedua, koalisi Partai Golkar-Partai Demokrat-Partai Gerindra-PKS dengan dukungan 20 kursi parlemen Klaten. Kandidat terkuat dari koalisi ini, yakni One Krisnata (ketua DPC Partai Demokrat Klaten).

Koalisi Parpol Masih Menunggu Rekomendasi

Ketiga, Arif Budiyono yang diusung sebagai cabup dari koalisi tujuh parpol yang menamakan diri Nasionalis-Religius di Pilkada Klaten.

“Kami sudah membangun kerja sama menentukan siapa sosok yang kami usung. Dari proses yang panjang itu, kami bersepakat mengusung Mas Arif Budiyono sebagai cabup di Pilkada Klaten 2020,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Klaten, Darmadi, Minggu (15/3/2020) malam.

Kisah Jembatan Lama Nambangan Wonogiri: Mobil Terjebak Hingga Pengemudi Adu Mulut

Disinggung soal cawabup yang akan mendampingi Arif Budiyono, Darmadi mengatakan hal tersebut masih dibahas lebih lanjut di koalisi nasionalis-religius. Sosok cawabup akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Yang jelas, jago yang kami usung yang memenangi pertarungan di Pilkada 2020,” kata Darmadi.

Ketua DPD Nasdem Klaten, Miranda, mengatakan setiap parpol pengusung Arif Budiyono masih meminta rekomendasi ke dewan pimpinan pusat (DPP). “Dari Partai Nasdem, rekomendasinya akhir Maret mendatang,” katanya.

KLB Corona, Siswa Sekolah di Solo Tak Boleh Bepergian

Arif Budiyono mengaku siap bertarung sebagai cabup sekaligus meraih kemenangan di Pilkada Klaten 2020. Arif Budiyono saat ini menjabat Kepala Seksi Pemantauan dan Evaluasi I Direktorat Pembangunan Jalan Ditjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Dia siap mundur dari status ASN jika sudah ditetapkan sebagai cabup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten.

“Saya merasa terpanggil membangun Klaten yang lebih bermakna. Soal sosok cawabup seperti apa? Hal itu akan diskusikan dengan teman-teman parpol. Final decision-nya adalah menang,” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho