SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Bulog Madiun menggelar OP cabai rawit merah.

Madiunpos.com, MADIUN – Harga cabai rawit merah di pasaran masih mahal mencapai Rp95.000-Rp100.000 per kilogram. Untuk menstabilkan harga, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre 4 Madiun, Jawa Timur, menggelar operasi pasar (OP) cabai rawit merah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Operasi pasar cabai rawit merah dilakukan sejak tanggal 9 Januari 2017 dan akan berlangsung hingga harga cabai rawit merah turun ke level normal.

“Operasi pasar untuk cabai rawit merah kami lakukan di rumah pangan kita [RPK] yang berada di Kantor Bulog Sub Divre 4 Madiun dengan harga lebih murah dari pasaran, yakni Rp80.000 per kilogram,” ujar Wakil Kepala Bulog Sub Divre 4 Madiun Edy Sarjono di Madiun, Rabu (11/1/2017).

Ia menyebut animo masyarakat cukup bagus. “Rata-rata permintaan per hari selama kita gelar mencapai lebih dari 5 kilogram. Operasi pasar cabai ini akan digelar hingga harga cabai turun ke angka normal yakni kisaran Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram,” kata dia.

Menurut Edy, konsumen yang membeli cabai rawit merah dalam OP tersebut dibatasi jumlah belinya yakni masing-masing satu kilogram untuk rumah tangga, sedangkan warung atau restoran tiga kilogram.

Bulog Madiun, ungkap dia, telah menyediakan sebanyak 50 kilogram cabai rawit merah pada operasi pasar kali ini. Cabai tersebut didatagkan dari petani di Ponorogo. Untuk tahap berikutnya, 50 kilogram cabai siap didatangkan dari petani di Ngantang, Malang.

Edy menjelaskan petani cabai di wilayah Kabupaten Madiun seperti di Jiwan dan Pilangkenceng mengalami gagal panen akibat curah hujan yang tinggi dan serangan jamur.

Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi, kata Edy, pihaknya akan menambah jumlah titik pelaksanaan operasi pasar yakni di Pasar Besar Madiun dan RPK gudang Bulog di Kelurahan Nambangan Kidul Kota Madiun.

Salah seorang warga Kota Madiun Nurul Handayani mengaku senang dengan kegiatan operasi pasar cabai di Kantor Bulog Sub Divre 4 Madiun.

“Sangat terbantu sekali, apalagi kebutuhan cabai di keluarga saya cukup tinggi yakni mencapai 1 kilogram lebih tiap minggunya. Harga Rp80.000 per kilogram ini sangat terjangkau dibandingkan dengan di pasaran yang masih Rp90.000 hingga Rp100.000 per kilogram,” kata Nurul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya