Tutup Iklan
Ilustrasi cabai. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Beberapa pekan lalu, harga cabai mengalami kenaikan pesat. Hal itu tentu membuat para ibu rumah tangga atau para pemilik rumah makan yang sering menggunakan cabai sebagai bahan pelengkap masakan kebingungan.

Diberitakan ">Solopos.com beberapa pekan lalu, harga cabai di Madiun bahkan mencapai Rp100.000/kg saat Iduladha. Namun meski harga cabai tinggi dan sulit untuk dijangkau, para pencinta rasa pedas sebenarnya bisa makan pedas tanpa harus membingungkan harga cabai.

Menanam -rp70.000kg-beli-cabai-rawit-di-sragen-serasa-beli-emas">cabai sendiri adalah solusinya. Berikut ">Solopos.com merangkum tips mudah dalam menanam cabai agar tak kelimpungan jika si pedas mengalami kenaikan harga sewatu-waktu:

1. Bibit
Pemilihan bibit cabai menjadi awal dari kesuksesan dalam menanam dan memelihara pohon cabai. Anda harus memiliki bibit cabai yang berkualitas yang bisa dibikin sendiri. Pilihlah bibit cabai yang masih segar. Kupas cabai lalu ambil bijinya. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Cara lain untuk mendapatkan bibit cabai adalah dengan membeli bibit cabe di toko. Namun jika Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabai di toko biasanya dijual dalam sekala besar dan tentu saja mahal.

2. Penyemaian
Setelah bibit cabai siap, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian. Cara menanam cabe di polybag dapat dilakukan untuk memudahkan penyemaian. Masukkan tanah dan juga pupuk jke polybag dengan perbandingan 3:1 dan biarkan selama satu pekan di tempat terlindung dari hujan dan sinar matahari. Sebelum memasukkan bibit cabai ke dalam polybag, rendam bibit tersebut dengan air hangat selama tiga jam. Setelah itu, masukkan benih ke dalam polybag dengan menutupi benih kira-kira 1 cm di dalam tanah. Tunggu hingga benih berkecambah, dan mulai perkenalkan dengan sinar matahari langsung.

3. Perawatan
Jangan lupa untuk menyirami cabai setiap hari. Seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabai. Jika ada, maka Anda harus mencabutinya secara rutin agar tidak ada parasit yang mengganggu pertumbuhan cabai.

4. Panen
Setelah pohon bertumbuh dan sudah mampu membuahkan cabai, maka Anda sudah bisa mendapatkan cabai secara gratis. Petik cabai yang sudah matang dan biarkan cabai muda hingga benar-benar siap dipanen.

Wah, ternyata menanam -mulai-panen-harga-cabai-nasionaldiyakini-segera-normal">cabai hingga panen cukup mudah dilakukan. Apakah Anda tertarik untuk menanam cabai di rumah demi mengurangi pengeluaran untuk membeli cabai di pasar?

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten