Bye Insomnia, 5 Buah Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi penderita insomnia. (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa disebabkan masalah psikologis, penyakit tertentu, dan konsumsi obat-obatan seperti kafein, nikotin, serta alkohol. Data menunjukkan sekitar 28 juta orang Indonesia mengalami insomnia.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (8/6/2020) seorang dokter bernama Welly mengungkapkan insomnia bukan penyakit melainkan gejala kelainan tidur. Siapapun bisa menderita insomnia baik jangka pendek maupun panjang.

Gangguan tidur tersebut dapat merusak siklus istirahat tubuh sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Insomnia berkepanjangan bahkan memicu penyakit kronis seperti gangguan pernapasan, hipertensi, kanker, dan strok.

Pulang ke Sragen Setelah 4 Bulan Merantau Ke Surabaya, Pria Kedawung Positif Covid-19

Berbagai penyakit tersebut membuktikan insomnia tidak bisa dianggap remeh. Anda harus mengambil langkah untuk mengatasinya.

Sebenarnya ada berbagai cara mengatasi insomnia, salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Dikutip dari Liputan6.com, berikut buah-buahan yang bisa Anda konsumsi sebelum tidur untuk membantu mengatasi insomnia:

Kiwi

Hasil penelitian menyebut kiwi merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Kandungan serotonin atau zat kimia pada otak yang mengatur siklus tidur dapat ditemukan dalam buah sejenis beri Ini.

Selain itu, vitamin C dan karotenoid dalam kiwi juga berperan dalam mengatasi insomnia. Dikutip dari Suara.com, studi menunjukkan mereka yang makan kiwi satu jam sebelum tidur selama empat pekan bisa tidur lebih nyenyak.

Benarkah Tidak Ada Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Meninggal Cuma Karena Virus Corona? Ini Faktanya

Pisang

Banyak kandungan dalam pisang yang membuat Anda lebih mudah tidur di malam hari. Dikutip dari Detik.com, buah yang memiliki banyak penggemar itu kaya mineral dan asam amino. Mineral seperti magnesium dan potasium dapat merelaksasi otot dalam tubuh.

Satu buah pisang berukuran besar mengandung 487 mg potasium yang mampu penuhi asupan mineral 10 persen dalam tubuh. Sedangkan 37 mg magnesium yang terkandung dalam buah pisang memenuhi 12 persen asupan bagi wanita dan sembilan persen untuk pria.

Pisang juga mengandung asam amino seperti tryptophan yang membantu mengatasi insomnia. Tryptophan akan berubah menjadi serotonin, senyawa seperti obat tidur yang membuat Anda cepat terlelap.

Buah dari famili Musaceae itu juga merupakan sumber melatonin atau dikenal dengan hormon tidur. Hasil penelitian yang dipublikasikan Journal of Pineal Research menyimpulkan kadar melatonin dalam darah akan meningkat setelah dua jam mengonsumsi pisang. Melatonin akan mengundang rasa kantuk dan membuat Anda segera tertidur.

Mulai Hari Ini, Anak-Anak, Ibu Hamil, dan Manula Dilarang ke Tempat Umum di Solo

Nanas

Selain pisang, nanas juga merupakan buah dengan kandungan melatonin tinggi. Setelah mengonsumsi nanas, kadar melatonin dalam tubuh meningkat sebanyak 266 persen. Salah satu fungsi melatonin adalah pemicu kantuk.

Mineral magnesium dan vitamin C dalam pisang turut membantu Anda mengatasi insomnia. Sebuah studi menunjukkan vitamin C dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Hati-Hati! Begal Payudara Beraksi di Jalanan Sukodono-Gesi Sragen

Alpukat

Alpukat mengandung kadar lemak tak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Serotonin berperan dalam merangsang otak yang mengundang rasa kantuk.

Alpukat juga kaya kalium dan serat jika dibandingkan buah lainnya. Serat alami dalam alpukat dapat membuat Anda kenyang sehingga membantu cepat terlelap.

Jeruk

Mengonsumsi jeruk bisa mengusir rasa gelisah yang biasa dirasakan sebelum tidur. Vitamin C menurunkan kadar kortisol atau hormon pemicu stres. Sehingga Anda dapat tertidur dengan cepat dan nyenyak.

Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis jeruk seperti lemon, jeruk nipis, jeruk manis, dan lainnya. Vitamin C memberi pengaruh baik pada siklus tidur dan mengatasi insomnia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho