SOLOPOS.COM - Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil MPV tujuh penumpang terbaik Indonesia selama 18 tahun. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Daihatsu menghentikan produksi Xenia dengan penggerak roda belakang (rear wheel drive atau RWD) per Januari 2023.

Hal tersebut diungkapkan Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Per Januari ini [2023] kita tidak memproduksi lagi Xenia RWD,” kata Agung.

Ia menjelaskan, seiring dengan penghentian produksi tersebut, ADM telah menyiapkan Xenia tipe M bertransmisi manual untuk menggantikan model yang sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, produksi Xenia model lama saat ini difokuskan hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen fleet. Sedangkan untuk konsumen ritel sudah tidak diproduksi lagi.

Menurut dia keputusan stop produksi Xenia penggerak roda belakang karena ada pergeseran pasar ke generasi baru yang telah sudah berubah total.

Salah satu ubahan mendasar Xenia pada generasi baru yaitu penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang mengubah sistem penggerak roda menjadi ke depan alias FWD (Front Wheel Drive).

Daihatsu All New Xenia mengusung pilihan mesin NR-VE 1.300 cc dan 1.500 cc Dual VVT-i dengan penyematan transmisi matik baru jenis CVT.

Sebelumnya, sejak hadir di Indonesia pada 2004, Xenia memakai penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Saat generasi baru minibus low multi purpose vehicle (LMPV) Xenia meluncur pada November 2021 lalu, Daihatsu masih memproduksi Xenia RWD namun hanya satu varian yaitu 1.300 X MT.

Alasan Daihatsu masih memproduksi Xenia RWD saat itu karena beranggapan peminatnya masih besar terutama untuk market fleet atau borongan.

“Mobil ini sudah diluncurkan dari dulu, tapi spesifikasinya kita kasih yang basic,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya