SOLOPOS.COM - bisnis.com/bloomberg Denza N7, produk kerja sama BYD Auto dan Mercedes-Benz AG.

Solopos.com, JAKARTA – Pabrik mobil listrik asal China BYD berencana masuk ke Indonesia pekan depan. Di sisi lain, ada pemeriksaan ketat kepada BYD dari otoritas Uni Eropa.

Seperti dikutip Bisnis dari Reuters, Minggu (14/1/2023), Komisi Eropa akan melakukan pemeriksaan terhadap BYD terhadap bisnisnya di Eropa. Penyelidikan tersebut akan menyasar dugaan bahwa BYD melakukan praktik ilegal yang menciptakan persaingan tidak sehat dengan produsen lokal di Eropa.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Sumber Reuters yang enggan disebutkan namanya mengatakan, jika terbukti bersalah dalam melakukan persaingan tidak sehat, maka BYD akan dikenakan hukuman dalam bentuk tarif.

Para penyidik akan melakukan penyelidikan dengan mengunjungi pabrik BYD, Geely dan SAIC. Namun demikian, sumber tersebut menyebutkan bahwa penyelidikan hanya akan dilakukan kepada pabrikan asal China.

Sebab, pemeriksaan tidak akan dilakukan kepada pabrikan non-China seperti Tesla, Renault dan BMW, walaupun mereka memproduksi mobilnya di China.

Sebagai informasi, penyelidikan tersebut diluncurkan pada Oktober dan dijadwalkan berlangsung selama 13 bulan. Penyelidikan itu akan membuktikan dugaan mengenai kendaraan listrik buatan China yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan produsen lokal UE, mendapatkan keuntungan yang tidak adil dari subsidi negara. Terpisah, Komisi Eropa mengonfirmasi akan melaksanakan kunjungan tersebut. “Komisi Eropa akan melakukan kunjungan verifikasi pada Januari-Februari 2024,” ujar Olof Gill, Juru Bicara Komisi Eropa untuk Perdagangan.

Adapun di Indonesia, rencana peluncuran produk mobil listrik BYD telah dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan. Luhut melalui unggahan Instagramnya mengatakan hal ini merupakan kabar baik untuk meramaikan pasar mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia.

Dia juga mengatakan langkah BYD yang akan menanamkan modal membuat Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi jangka panjang dari merek pesaing Tesla tersebut. “Tentunya kesempatan ini juga saya pergunakan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia,” kata Luhut dalam akun Instagram @luhut.pandjaitan dikutip Sabtu (13/1/2024).

Secara global penjualan mobil listrik BYD mencapai 526.000 unit pada kuartal IV/2023 2023 sekitar, naik dari sekitar 432.000 unit dibandingkan capaian kuartal III/2023.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “BYD Segera Mengaspal di Indonesia, Tapi Justru Disemprit di Eropa”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya