SOLOPOS.COM - Logo BWF. dokJIBI/SOLOPOS/bwfbadminton.org

Logo BWF. dokJIBI/SOLOPOS/bwfbadminton.org

MUMBAI – Bulu tangkis akhirnya mengadopsi sistem line call review. Tehnologi garis tepi ini akan digunakan kali pertama pada ajang Indonesia Open Super Series Prime 2013 yang digelar di Jakarta 10-16 Juni 2013 mendatang.

Sistem line call review, yang menggunakan ultra-slow motion camera, akan memungkinkan pemain melakukan review untuk meminta banding dan mengabaikan keputusan wasit. Review biasanya akan dilakukan pemain saat dirinya menganggap shuttlecock masuk atau keluar namun, wasit atau hakim garis memutuskan sebaliknya. Menurut federasi bulu tangkis dunia (BWF), review akan diberikan pada pemain sebanyak dua kali setiap pertandingan.

“Tantangan (sangahan untuk melihat review) harus dibuat segera setelah shuttlecock mendarat serta setelah ada keputusan dari hakim garis dan sebelum wasit memberikan aba-aba untuk melakukan servis,” tulis pernyataan BWF dilansir Reuters.

Sistem line call review sebenarnya sudah digunakan lebih dulu pada cabang olahraga tenis, rugby dan kriket. Sebuah banding yang sukses akan memungkinkan pemain mempertahankan sangahannya, sementara dua review yang gagal akan diabaikan dan pemain tanpa mendapat pertandingan ulangan.

Keputusan menggunakan system line call review dilakukan setelah banyaknya protes dari para pemain yang menganggap shuttlecock atau bolanya masuk namun dianggap gagal. Keputusan ini spontan disambut gembira beberapa. Mereka berharap penggunaan system line call review atau mata elang akan membantu kecurangan yang terjadi di arena bulu tangkis.

“Kadang-kadang pada saat penting hal seperti itu perlu dilakukan, ketika Anda tahu bahwa keputusan benar-benar telah menentang Anda,” turur spesialis ganda dan peraih medali emas Olimpiade Persemakmuran 2010, Ashwini Ponnappa.

“Ini benar-benar akan membuat perbedaan dalam situasi krisis dan akhirnya dapat membuat perbedaan di seluruh pertandingan.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya