Habib Novel Alydrus saat diam-diam hadir di majelis Buya Yahya. (Istimewa/Youtube)

Solopos.com, CIREBON – Kehadiran Habib Novel Alaydrus dalam majelis kitab Al Hikam di Cirebon, Jawa Barat, membuat Buya Yahya terkejut. Pengasuh lembaga dakwah dan pondok pesantren Al Bahjah di Cirebon itu tak menyangka mendapat pertanyaan dari seorang ulama kondang asal Solo, Jawa Tengah, Habib Novel Alaydrus.

Dalam video viral di Youtube yang diunggah channel Al Bahjah TV, Senin (21/1/2019), Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya membuka sesi tanya jawab di sela pengajiannya. Buya Yahya mendengarkan dengan seksama salah satu jemaah yang mengajukan pertanyaan tersebut.

Pria itu memperkenalkan namanya Novel bin Muhammad Alaydrus dari Solo yang membuat Buya Yahya kaget. Dia langsung bangkit dari kursinya dan menghampiri Habib Novel. Dia menggandeng dan mengajak Habib Novel ke mimbar.

Buya Yahya sangat terkesan dengan sikap Habib Novel yang sangat rendah hati. Menurutnya, seorang ulama terkenal dengan ilmu mumpuni seperti Habib Novel masih mau duduk bersama jemaah lain untuk mendengarkan pengajiannya.

Selanjutnya, Habib Novel mengutarakan niatnya yang ingin menagih utang kepada Buya Yahya sekaligus mengajukan pertanyaan. Habib Novel menceritakan jika Buya Yahya pernah berjanji memberinya telur puyuh jika mampir ke Blitar, Jawa Timur.

"Saya ini ingin menagih utang sekaligus bertanya. Dulu, Buya Yahya pernah janji mau memberi saya telur puyuh kalau mampir ke Blitar. Nah, ini saya tagih ke Cirebon. Baik, pertanyaan saya, bagaimana hukumnya jika seorang suami dalam benaknya melakukan zina dengan wanita lain, tapi ternyata wanita tersebut adalah istrinya sendiri?" tanya Habib Novel.

Pertanyaan Habib Novel membuat Buya Yahya tersenyum. Buya Yahya mengatakan, Habib Novel sebenarnya tahu jawaban atas pertanyaan tersebut. Namun, Habib Novel berpura-pura bertanya untuk memberi tahu orang lain. Seperti yang dilakukan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dulu.

"Jadi, tidak dihukumi zina, tidak kena had [hukuman berzina dalam Islam] secara dhohir. Akan tetapi, niatnya adalah zina, di hadapan Allah dia berdosa. Tinggal dia bertobat kepada Allah, selesai urusan. Karena yang digauli istrinya, maka di hadapan manusia dia tidak kena had. Tapi, di hadapan Allah, dia sudah berniat kurang ajar. Maka kekurang ajaran inilah yang membuatnya harus beristighfar," jawab Buya Yahya singkat.

Pertemuan Habib Novel Alaydrus dengan Buya Yahya tersebut tak luput dari perhatian warganet. Sejumlah netizen yang tergolong sebagai penggemar mengutarakan kebahagiaan melihat pertemuan dua ulama kondang dalam satu majelis tersebut.

"Ya Allah, sejuk lihatnya. Ada lucu-lucunya lagi. Buya Yahya sampai kaget lihat Habib Novel," komentar Rasella Rahman geli.

"Kok aku jadi merinding nonton ini. Orang yang ilmunya tinggi aja enggak masalah duduk di belakang bareng lainnya. Nah kita, subhanallah," imbuh Ghani.

Video Lengkap


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten