Butuh Lahan Seluas 133 Lapangan Bola, Di mana Lokasi Disneyland Boyolali?

 Tokyo Disneyland (asia.nikkei.com)

SOLOPOS.COM - Tokyo Disneyland (asia.nikkei.com)

Investasi Boyolali, Disneyland akan mulai dibangun tahun ini.

Solopos.com, BOYOLALI — Rencana pembangunan Disneyland di Boyolali diperkirakan memakan lahan 100 hektare (ha). Jika dibandingkan dengan lapangan sepak bola yang rata-rata seluas 0,7 ha persegi, maka luas lahan Disneyland kira-kira setara dengan 133 lapangan sepak bola.

Lalu di manakah lokasi yang mampu menyediakan lahan seluas itu? Bupati Boyolali Seno Samodro pun belum memberikan bocoran mengenai lokasi wahana hiburan tersebut. ”Nanti Mei saja. Saat ini belum bayaran,” tulis Seno melalui pesan singkatnya kepada Solopos.com, Jumat (14/4/2017).

Jika Disneyland dibangun di lokasi yang dekat dengan pusat transportasi umum seperti bandara (Boyolali) dan stasiun kereta api Solo, maka daerah itu antara lain Banyudono dan Sawit. (Berapa Tiket Masuk Disneyland Boyolali)

Saat dimintai tanggapan mengenai ketersediaan lahan itu, camat di kedua wilayah itu mengatakan wilayahnya kurang memungkinkan untuk lahan Disneyland.

Camat Sawit Dwi Sundarto mengatakan, sesuai peraturan daerah (perda) tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) wilayahnya diperuntukkan untuk lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B). “Sementara ini sih lahan di Sawit untuk LP2B, jadi tidak bisa dialihkan jadi nonpertanian, sesuai RTRW,” ujarnya Sabtu (15/4/2017).

Hal yang sama disampaikan Camat Banyudono Rita Puspitasari. Menurutnya, Banyudono kurang memungkinkan untuk Disneyland karena termasuk LP2B. (September Disneyland Boyolali Mulai Dibangun)

“Memang [bisa] ada revisi perda RTRW. Tapi kalau luasan 100 ha tidak mungkin dikeringkan. Beberapa waktu lalu ada permohonan pengeringan lahan 20 ha saja tidak boleh,” kata dia.

Pusat Boyolali

Sementara itu, salah satu kecamatan yang menjadi wilayah pengembangan Boyolali adalah Cepogo. Letaknya wilayah ini tak begitu jauh dari pusat kota Boyolali. Di Cepogo ini Pemkab berencana membangun stadion berskala internasional di Desa Paras. Selain itu, pasar hewan Sunggingan juga rencananya akan direlokasi ke kecamatan ini, tepatnya di Desa Jelok. (Bersaing dengan Walt Disney Bogor)

Lalu apakah Cepogo juga akan dijadikan lokasi pembangunan Disneyland? Saat dimintai tanggapannya, Camat Cepogo Agus Darmawan mengatakan, untuk penyediaan lahan 100 ha bisa saja dilakukan dengan pembebasan tanah warga.

Namun semuanya tergantung kebijakan Pemkab. “[Kalau lahan milik pemkab seluas 100 ha] tidak ada seluas itu. Tapi kalau pembebasan [lahan] mungkin ada,” kata dia.

Sementara itu, jika Disneyland yang bernilai investasi Rp6 triliun itu dibangun di Boyolali wilayah utara, Pemkab harus menyediakan anggaran besar untuk membangun infrastruktur seperti akses jalan yang memadai.

Kepala Bappeda Boyolali, Nur Khamdani mengatakan, Pemkab Boyolali akan melakukan revisi Perda RTRW untuk mendukung visi misi bupati mewujudkan kabupaten ramah investasi. ”Namun, tetap mengacu pada aturan, seperti tak menghilangkan lahan hijau produktif,” ujarnya. (Revisi Perda RTRW)

Salah satu hal yang akan dimasukkan dalam revisi Perda RTRW ialah memperluas jangkauan wilayah industri dan pariwisata. ”Salah satunya kami akan menggarap

Boyolali wilayah utara, seperti Juwangi, Kemusu, Wonosegoro agar dilirik investor. Namun, harus dipikirkan juga prasarana pendukung, khususnya jalan.”

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Anggota TNI di Jakarta Terbunuh oleh Geng Pemuda

Polisi sudah menangkap tujuh dari delapan anggota kelompok pengeroyok anggota TNI, S, 23, hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

+ PLUS Bom Tawa Pernah Meledak-Ledak di Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo memang pernah menjadi pusat kesenian dan hiburan. Grup lawak Srimulat pernah berbasis di Taman Balekambang. Pelawak Gepeng meniti karier dari Taman Balekambang Solo.

Viral Foto KTP Dijual di NFT, Ini Kata Guru Besar Tempat Ghozali Kuliah

Guru besar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menanggapi viralnya data pribadi atau foto KTP yang dijual sebagai NFT di situs web OpenSea.

Marak Penolakan Kenaikan Retribusi Pasar, DKUKMP Klaten Bergeming

Para pedagang protes kenaikan retribusi pasar yang mulai berlaku sejak awal 2022.

Masih Terikat Kontrak, Banyak Pemain Persis Solo Bakal Bertahan

Sejumlah pemain Persis Solo saat ini banyak menghuni klub-klub Liga 1 dengan status pinjaman.

Rumah BUMN, Wujud Dukungan Semen Gresik Untuk UMKM Jateng

Program yang telah dilakukan PT Semen Gresik, yaitu mengoptimalkan fungsi Rumah BUMN dalam mentoring dan kurasi produk UMKM.

Terkendala Ijin, Ratusan Kapal Nelayan di Tegal Tidak Melaut

Nelayan menuntut pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut bagi eks nelayan kapal dengan alat tangkap cantrang

Pantau Vaksinasi Anak di Boyolali, Puan Bagikan Buku & Kaus Mbak Puan

Puan mendampingi siswa yang divaksin, serta sempat mampir ke kelas untuk berdialog dengan siswa.

Goa Jatijajar Jadi Tambang Fosfat Besar di Masa Penjajahan Jepang

Goa Jatijajar di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pernah menjadi tambang fosfat besar pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Negara Rugi Rp3,6 Triliun Gara-Gara Kasus Korupsi Garuda Indonesia

Jaksa Agung, Sanitiar (ST) Burhanuddin, mengungkap kerugian sementara negara akibat kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan dan penyewaan pesawat PT Garuda Indonesia Rp3,6 triliun.

Bappeda Sragen Pertanyakan Sedikitnya Jumlah Sampel Susenas 2021

BPS Sragen hanya menggunakan 870 dari total 339.065 rumah tangga di Sragen sebagai sampel survei sosial ekonomi nasional (Susesnas) 2021. Bappeda Sragen mempertanyakan sedikitnya jumlah sampel itu.

Pemkot Salatiga Akan Pertahankan Tenaga Honorer

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyatakan akan mempertahankan tenaga harian lepas atau honorer di instansi pemerintahan atau Pemkot Salatiga.

Dikenal Teknik Putaran Miring, Melikan Bangun Wisata Edukasi Gerabah

Desa Melikan mengembangkan potensi gerabah dengan membikin wisata edukasi.

Misteri Penunggu Gunung Dempo, Suka Mencari Mangsa Saat Pagi dan Senja

Gunung Dempo tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, namun juga menyimpan misteri penunggu puncak gunung yang suka turun saat pagi dan senja menjelang petang.

Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Dari seluruh potensi bencana alam yang ada, seluruh wilayah Sukoharjo perlu mewaspadai risiko terjadinya angin kencang yang berpotensi merusak.

Cek! Bantul Mulai Terapkan Harga Baru Minyak Goreng Rp14.000 per Liter

Pemkab Bantul mengecek toko berjejaring sudah menerapkan harga baru minyak goreng Rp14.000 per liter, tetapi pedagang pasar tradisional malah belum.