SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MAGELANG [SPFM], Pembersihan abu vulkanik Gunung Merapi di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diperkirakan membuthkan butuh waktu selama dua tahun. Pembersihan awal baru sebatas bagian luar dan belum menyentuh bagian dalam susunan batu candi.

Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur (BKPB), Marsis Sutopo Jumat (25/3) di Magelang mengatakan, abu vulkanik masih ada di celah-celah dinding drainase atau saluran air dan stupa candi. Jika dibiarkan, abu vulkanik yang mengandung sulfur tersebut akan berpotensi membuat batu candi melapuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk itu, pada tahun ini BKPB mengagendakan pembersihan abu vulkanik di celah-celah dinding, drainase, dan stupa dengan dana Rp 268,9 juta. Selain itu BKPB juga mengadakan penelitian dampak abu vulkanik terhadap batu candi, bekerja sama dengan ahli konservasi dari Amerika Serikat dan UNESCO. [kcm/dev]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya