SOLOPOS.COM - Bus Tingkat Werkudara

Solopos.com, SOLO — Armada wisata bus tingkat Werkudara yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo saat ini terus berkembang dan laris manis layani wisatawan. Dalam satu bulan rata-rata bus wisata ini melayani 16 kali perjalanan keliling Kota Solo.

Bus Werkudara menjadi salah satu ujung tombak di bidang pariwisata untuk memperkenalkan Kota Solo kepada para wisatawan.  Beragam rute dan destinasi ditujukan untuk para wisatawan untuk lebih mengenal Kota Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Namun, bus tingkat itu juga menjadi lahan edukasi untuk para warga. Menurut Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Kota Solo, Yulianto Nugroho, saat ini bus tingkat Werkudara saat ini masih sangat diminati, terutama ketika libur sekolah. 

“Bus tingkat Werkudara saat ini masih banyak yang menggunakan, apalagi saat libur sekolah. Saat ini untuk peminatnya paling banyak kalangan pelajar, namun juga ada dari komunitas hingga masyarakat umum,” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (8/11/2022).

Dalam satu bulan, Yulianto menyebut rata-rata bisa mencapai 16 kali perjalanan, bahkan bisa mencapai 25 kali dalam satu bulan. Sebagai informasi, bus Werkudara memiliki daya tampung 55 penumpang untuk bus kuning dan 40 penumpang untuk bus merah.

Baca Juga: Asyik! Pakai Bus Wisata Dishub Solo Dapat Bonus Edukasi Keselamatan Lalu Lintas

“Rata-rata bus Werkudara itu melayani 16 kali perjalanan dalam satu bulan, paling ramai bisa 25 kali pas liburan Lebaran kemarin. Kalau yang sepi pas puasa cuma 10 kali perjalanan,” lanjutnya.

Sobat Slamet

Saat ini, Dishub Solo juga mengembangkan program untuk bus tingkat Werkudara ini, yaitu Sobat Slamet (Sosialisasi Bareng Tamasya lan Sinau Keselamatan Ketertiban) yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Dalam program tersebut ada beberapa paket yang bisa dipilih, mulai dari Sido Mukti, Sido Luhur, Sekar Jagad, dan Wahyu Tumurun. Sido Luhur menawarkan wisata dengan kapasitas 40 orang dengan durasi tiga jam berkeliling Kota Solo.

Baca Juga: Hore, Bus Tingkat Werkudara Solo Sudah Boleh Masuk Wilayah Sukoharjo

Tarif sewa busnya Rp800.000 untuk menyewa. “Jadi Sobat Slamet itu juga salah satu cara kami untuk mengembangkan bus tingkat Werkudara sekaligus sebagai cara promosi,” lanjutnya.

Meski demikan, saat ini tetap ada evaluasi terkait operasional bus tingkat Werkudara, terutama untuk menggaet wisatwan yang datang ke Kota Solo.

“Ini kan merupakan salah satu daya tarik bagi sektor pariwisata juga, tentunya kami perlu meningkatkan koordinasi terkait kunjungan ke kawasan secara rutin dengan pihak terkait,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya