Bus Sarat Penumpang di Grobogan Nyemplung ke Saluran, Ini Penyebabnya

Bus sarat penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari nyemplung ke saluran air di Jalan Purwodadi – Blora, di Desa Sambirejo, Wirosari.

 Kondisi bus jurusan Purwodadi - Sulursari yang terbalik di saluran air di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Kondisi bus jurusan Purwodadi - Sulursari yang terbalik di saluran air di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, PURWODADI – Penyebab Kecelakaan lalu linta berupa bus penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Selasa (25/1/2022) akhirnya terungkap.

Hal ini setelah pengemudi bus berplat nomor K 7607 QF, Suparjo menceritakan kejadian yang menimpa busnya. Menurut dia, saat berangkat dari Purwodadi menuju Sulursari kondisi bus baik-baik saja.

PromosiHarta Karun Wonoboyo Klaten, Temuan Timbunan Emas Terbesar Indonesia

“Namun sesampai di turunan sebelah timur rumah makan Kharisma, Wirosari bus melaju tak terkendali. Penyebabnya rem tidak berfungsi dengan baik atau rem blong sehingga terguling dan akhirnya terbalik di saluran air,” jelasnya kepada media.

Baca Juga: Jalan Tol Berlubang Jadi Perhatian Ganjar

Seperti diberitakan sebelumnya, bus sarat penumpang jurusan Purwodadi – Sulursari nyemplung ke saluran air di Jalan Purwodadi – Blora, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun belasan orang mengalami luka.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, bus jurusan Purwodadi – Sulursari berplat nomor K 7607 QF yang dikemudikan Subandriyo, melaju dari arah Purwodadi. Selama perjalanan bus berpenumpang 25 orang tersebut tidak ada masalah.

Namun sesampai di lokasi kejadian tepatnya timur rumah makan Kharisma, Wirosari bus terlihat melaju tak terkendali. Hingga akhirnya terguling dua kali sebelum akhirnya terbalik dengan kondisi roda berada di atas.

Hal itu juga dibenarkan Eko Budi, salah seorang pengendara motor yang kebetulan sebelum kejadian berada di belakang bus tersebut. Saksi mengatakan bus jurusan Purwodadi – Sulursari berjalan tidak sebagaimana semestinya. “Busnya saat jalan menurun terlihat melaju semakin kencang, kemudian tiba-tiba arahnya ke kiri dan terguling hingga terbalik di saluran air,” jelasnya.

Baca Juga: Innalillahi, Bus Sarat Penumpang di Grobogan Nyemplung di Saluran

Rem Blong

Kejadian tersebut menarik perhatian pengendara dan masyarakat di sekitar lokasi. Mereka langsung berupaya membantu para penumpang yang terperangkap dalam bus untuk keluar menyelamatkan diri.

“Begitu tahu rem blong, saya sengaja banting stir ke kiri guna mengindari menabrak sejumlah sepeda motor di depan bus. Namun bus terguling hingga akhirnya terbalik. Saya berupaya menolong para penumpang keluar dari bus,” ujar pengemudi bis.

Selain pengemudi sejumlah penumpang yang mengalami luka ringan mendapat perawatan di Puskesmas Tawabgharjo dan satu penumpang dibawa ke rumah sakit. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Luasnya Hanya 8 Km Persegi, Ini Kecamatan Terkecil di Cilacap

Meski menjadi kabupaten terluas di Jateng, namun Cilacap memiliki kecamatan sangat kecil yaitu hanya 8 kilometer (km) persegi.

Tahukah Kamu? Ini Alasan Lasem di Rembang Disebut Little Tiongkok

Ini dia alasan kenapa Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), mendapat julukan sebagai Little Tiongkok atau Tiongkok Kecil.

Ternyata Bus Bumel di Jateng Paling Banyak Ada di Daerah Ini

Data Dinas Perhubungan Jawa Tengah pada 2021 menyebutkan bus dalam provinsi dengan kategori lambat atau bumel mencapai 3.759 unit bus.

Sip! Pati Tambah 12 Desa Wisata Baru

Sebanyak 12 desa wisata baru di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), resmi dikukuhkan.

Punya Penumpang Setia, Segini Jumlah Bus Bumel di Jateng

Populasi bus bumel di Jateng tergolong masih banyak. Bahkan, Jateng merupakan daerah dengan jumlah bus AKAP terbanyak di Indonesia.

Sesaji Rewanda Semarang, Saatnya Para Kera Berpesta

Sesaji Rewanda, pesta untuk para kera yang dilaksanakan tiap tanggal 3 Syawal oleh warga kampung Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

Gantikan Yuliyanto, Sinoeng Jabat Pj Wali Kota Salatiga

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, diangkat sebagai Pj Wali Kota Salatiga menggantikan Yuliyanto yang masa jabatannya berakhir pada 22 Mei 2022.

Heboh! Kawanan Harimau Dikabarkan Muncul di Area Sawah Banjarnegara

Masyarakat Desa Penawaran, Banjarnegara, dihebohkan dengan kemunculan kawanan harimau di areal persawahan.

Epilepsi Kambuh, Remaja Batang Tenggelam di Sungai Sambong

Peristiwa tragis menimpa remaja penderita epilepsi asal Batang yang tenggelam di Sungai Sambong.

Pedasnya Nagih, Warung Makan Mangut Beong Magelang Ini Paling Legend

Kuliner khas Magelang yaitu mangut beong menawarkan sensasi pedas dalam masakannya. Bahkan, rasa pedas dari kuliner ini benar-benar bikin nagih.

Museum Lawang Sewu Tetap Minta Pengunjung Kenakan Masker

PT KAI Wisata selaku pengelola Museum Lawang Sewu di Semarang dan Museum Kereta Api Ambarawa belum menerapkan pelonggaran aturan penggunaan masker.

Cabuli Santri 9 Kali, Ustaz Ponpes Magelang Terancam 15 Tahun Penjara

Seorang ustaz sekaligus pengasuh ponpes di Kabupaten Magelang melakukan pencabulan kepada santrinya sebanyak 9 kali.

Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Bukan hanya di Jawa Tengah saja, Kota Semarang juga termasuk kota terpanas di Indonesia dengan suhu 35 derajat Celcius.

Langka di China, Akar Tunjuk Langit asal Jawa Tengah Diekspor ke Taiwan

Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang melepas 575 kilogram akar tunjuk langit asal Jawa Tengah untuk diekspor ke Taiwan, Jumat (13/5/2022), yang tergolong spesies langka hampir punah di China karena terlalu banyak yang menggunakan untuk pengobatan tradisional.

Bukan Hewan, Kethek Jadi Nama Makanan Unik Khas Kebumen

Kethek adalah nama salah satu makanan unik di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang dibuat dari ampas minyak kelapa.

Tesla Bakal Bangun Pabrik di Batang, Ini Kata Pemprov Jateng

Produsen mobil listrik Tesla dikabarkan akan segera membangun pabrik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).