SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Sebanyak 300 orang mengikuti sosialisasi antikorupsi dalam kegiatan Bus KPK Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (25/6/2019). Acara itu menghadirkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Agus Rahardjo dalam sambutannya mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan edukasi pencegahan tindak korupsi sejak dini kepada masyarakat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kalau kita lihat tahun 2018, skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) kita di angka 38. Ini merupakan paling rendah di ASEAN. Oleh karena itu, saya selalu mengingatkan, mari kita perbaiki, sistemnya sama-sama kita perbaiki,” ujar Agus Rahardjo.

Adapun ratusan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Bupati Ngawi, kepala OPD, camat, hingga kepala desa di Ngawi.

Lebih lanjut, Ketua KPK Agus Rahardjo juga mengingatkan agar Pemkab Ngawi terus melakukan perbaikan dan berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Agus, tindak pidana korupsi bisa terjadi pada pengelolaan anggaran negara di tingkat bawah seperti desa. Apalagi saat ini dana pemerintah yang dikucurkan ke desa bersumber APBN/APBD jumlahnya sangat besar, seperti Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

“Penyelenggara negara di daerah itu siapa, ya Bupati, Wakil Bupati, dan DPRD,” kata pria yang merupakan putra daerah Magetan itu.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono meminta jajarannya untuk mengambil manfaat dari program Bus KPK Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi.

“Semoga, apa yang disajikan ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa, sehingga kita bisa sama-sama bersih dari korupsi,” kata Bupati yang akrab disapa Kanang tersebut.

Budi Sulistyono mengapresiasi langkah KPK yang tidak hanya sebatas pada penindakan, namun juga mengutamakan pencegahan. Sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai korupsi dan bagaimana cara melawan korupsi.

Kegiatan Bus KPK Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi di Ngawi berlangsung dua hari 25-26 Juni 2019. Selama di Ngawi, KPK menggelar sosialisasi gratifikasi bagi aparatur pemerintah daerah, pelayanan publik, serta kegiatan bermain (play day) untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi pada anak-anak.

Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi akan singgah di 28 kota/kabupaten di Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Setelah Ngawi, bus KPK akan menuju Kota Madiun pada tanggal 28-30 Juni 2019.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya