Ilustrasi bus di Korea Selatan. (Istimewa/Wallstreet Journal)

Solopos.com, SEOUL - Korea Selatan akan meluncurkan WiFi gratis untuk penumpang bus pada Desember 2019. Menurut Kementerian TI negara gingseng tersebut, akan ada 23.000 bus terpasang WiFi yang beroperasi di kota-kota. Ini berarti sekitar 86 persen bus di seluruh Korea Selatan dipasangi Wifi.

Dilansir ZDNet, Kamis (5/7/2019) lebih lanjut, Kementerian Sains dan TIK mengumumkan proyek WiFi ini akan dimulai pada 5 Juli 2019, dimulai pada kota Gwangju.

Gwangju terpilih sebagai kota pertama yang menerima WiFi dengan bus kota karena akan menjadi tuan rumah World Championships FINA ke-18 yang digelar pada 12-28 Juli 2019.

Lebih lanjut, adapun tujuan Kementerian akan menginstal WiFi publik yakni berharap agar proyek itu akan mengurangi tagihan telekomunikasi rumah tangga dan meningkatkan akses ke internet untuk semua warga negara.

Sisa 14% dari bus kota, sekitar 5.000, diperkirakan akan menerima WiFi gratis sekitar tahun depan ketika anggaran tambahan untuk proyek disetujui.

KT, operator seluler terbesar kedua di negara itu, telah masuk sebagai vendor untuk proyek tersebut. Kementerian mulai menjalankan uji coba pilot untuk proyek pada Mei dan sejauh ini telah menginstal Wi-Fi pada 4.200 dari 23.000 bus.

Bus dengan WiFi publik terpasang akan memiliki stiker yang memberi tahu penumpang tentang ketersediaannya. Nama jaringan adalah PublicWiFi @ Bus_Free.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki internet terbaik dan tercepat. Belum lagi, negara itu juga memiliki WiFi gratis yang tersedia di kereta bawah tanah dan landmark di seluruh negara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten