SOLOPOS.COM - Bus Eks APG

Bus Eks APG

SOLO — Selain bisa dimanfaatkan sebagai bus sekolah serta bus wisata, kalangan DPRD mengusulkan agar hibah bus eks event ASEAN Para Games (APG) sebagian digunakan sebagai sarana transportasi bagi para difabel.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penyediaan transportasi umum khusus difabel diharapkan menjadi salah satu implementasi peraturan daerah (Perda) No 2/2008 tentang Kesetaraan Difabel.

Ekspedisi Mudik 2024

Usulan tersebut disampaikan terkait proposal hibah bus eks APG yang diajukan pemkot mendapat lampu hijau dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah selaku pengelola bus bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut.

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, mengatakan jika nantinya proposal hibah tersebut benar-benar dikabulkan, pihaknya mengusulkan agar salah satu bus yang dihibahkan diperuntukkan sebagai sarana transportasi umum para difabel. Pasalnya, selama ini belum ada sarana transportasi umum yang khusus mengangkut para difabel.

Selain itu, usulan tersebut disampaikan agar implementasi dari Perda No 2/2008 tentang Kesetaraan Difabel benar-benar ada.
“Bus itu sebelumnya digunakan untuk para atlet yang difabel juga kan. Jika memang ada hibah bus itu, ya kami berharap satu bus digunakan untuk difabel agar implementasi Perda tentang Kesetaraan Difabel benar-benar hidup,” jelasnya, Jumat (22/2/2013).

Dijelaskannya, keberadaan bus khusus difabel nantinya juga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Bengawan. Pasalnya, para difabel memiliki jaringan yang luas bahkan hingga luar negeri.

“Jangan salah, difabel di Solo ini memiliki jaringan yang luas bahkan sampai di Thailand. Melalui jaringan mereka, teman-teman difabel ini kan bisa mensosialisasikan ke jaringan mereka sehingga mampu menarik minat wisatawan khususnya para difabel berkunjung ke Solo,” paparnya.

Selain mengusulkan agar hibah bus eks APG digunakan untuk transportasi umum difabel, kalangan DPRD juga berharap pemkot menyediakan halte yang mendukung akses para difabel. “Selama ini halte yang ada terlalu curam. Aksesibilitas itu juga perlu ada perbaikan,” jelas Wakil Ketua DPRD Solo, M Rodhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya