SOLOPOS.COM - JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono, TINJAU TERMINAL BARU--Kabid Angkutan dan Lalu Lintas Dishubkominfo Wonogiri, E Suwargiyanto (depan, kanan) bersama Kepala Terminal Induk Giri Adipura, Wonogiri, Haryadi (kiri) bersama rombongan meninjau pembangunan terminal baru di Krisak, Singodutan, Selogiri, Jumat (19/8/2011).

JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono, TINJAU TERMINAL BARU--Kabid Angkutan dan Lalu Lintas Dishubkominfo Wonogiri, E Suwargiyanto (depan, kanan) bersama Kepala Terminal Induk Giri Adipura, Wonogiri, Haryadi (kiri) bersama rombongan meninjau pembangunan terminal baru di Krisak, Singodutan, Selogiri, Jumat (19/8/2011).

Wonogiri (Solopos.com)–Petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Wonogiri meninjau area terminal baru di Krisak, Singodutan, Selogiri, Jumat (19/8/2011).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Area itu direncanakan dijadikan lokasi parkir bagi bus-bus carteran arus mudik dari H-7 hingga hari H untuk menghindari penumpukan.

Bus-bus yang akan diparkir di lokasi terminal baru itu khusus bus carteran bagi pemudik gratis bantuan dari Pemprov Jateng dan Bupati/Walikota se-Jateng.

Pernyataan itu disampaikan Kabid Angkutan dan Lalu Lintas, Dishubkominfo, Wonogiri, E Suwargiyanto saat meninjau penyelesaian pembangunan terminal baru tipe A di Krisak, Singodutan, Selogiri. Dia meninjau lokasi itu bersama Sekretaris Dishubminfo, Ismiyanto, Kepala Terminal Induk Giri Adipura, Wonogiri, Haryadi dan Kabid Teknik Sarana dan Prasarana, Yudo Sasomo.

“Tahun ini, Pemprov dan Bupati/Walikota se-Jateng memiliki program mudik gratis dengan menyediakan bus carteran. Bus-bus itulah yang di parkir di terminal baru ini agar tidak terjadi penumpukan. Tahun lalu, bus carteran bantuan Pemprov untuk pemudik Wonogiri sebanyak 16 buah,” ujar Totok, panggilan akrab E Suwargiyanto.

Dijelaskannya, tahun ini Bupati/Walikota se-Jateng serta Gubernur Jateng menyiapkan bantuan bus bagi pemudik Jateng masing-masing sebanyak 70 bus sehingga berjumlah 140 bus.

“Bus carteran itu dibagi ke seluruh kabupaten/kota se-Jateng. Jikalau ada penambahan ke Wonogiri sekitar 20 bus hingga 30 bus maka diparkir di terminal baru. Bus-bus reguler serta bus carteran dari perusahaan tetap parkir di terminal lama.”

Pelaksana proyek dari PT Penibin Supramas, Jogjakarta, Titut menyatakan, bus-bus carteran tidak akan mengganggu pekerjaan yang dilakukan. “Pak Dirjen sudah memerintahkan untuk dilakukan ujicoba saat lebaran.

(tus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya