Bus-Bus di Indonesia Minim Fitur Keselamatan, Risiko Kecelakaan Tinggi

Bus-bus di Indonesia yang melaju kurang memiliki fitur keselamatan karena untuk menekan harga jual agar terjangkau pasar perusahaan otobus.

 Ilustrasi bus/Nicolous Irawan

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus/Nicolous Irawan

Solopos.com, JAKARTA – Sebuah kecelakaan maut yang menewaskan sediktnya 27 penumpang bus terjadi  di jurang di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Wado, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Bus yang diisi 66 penumpang itu mengalami rem blong dan terperosok masuk jurang.

PromosiHentikan Stigmatisasi Pencandu Narkoba, Rehabilitasi Bukan Dikerangkeng

Kecelakaan ini menambah panjang deretan kasus yang menimpa moda transportasi bus. Ini juga yang bikin prihatin karena seharusnya bus yang jadi angkutan publik/massal harusnya punya peranti keselamatan memadai. Pabrikan bus semacam Mercedes Benz, Hino, Volvo, Scania, MAN, dan merk lainnya sebetulnya sudah punya peranti-peranti itu.

Namun karena peranti itu membuat harga chassis bus jadi lebih mahal, maka ada sejumlah fitur yang disunat. Maka jangan heran jika bus Mercedes Benz yang banyak beredar seperti varian OH 1626 series, Hino RK series sangat minim fitur keselamatan. Mungkin Bus Mercedes Benz varian OC 500 RF OH 2542, Hino RM 380, Scania K360 dan Volvo B7R ke ataslah yang punya tambahan fitur keselamatan.

Baca Juga : Hipospadia, Kelainan Medis Yang Dialami Aprilia Manganang Sebelum Menjadi Pria

Lantas bagaiamana dengan karoseri? Di Indonesia bus didatangkan dalam bentuk chassis baik panjang maupun pendek. Di karoseri inilah bodi bus dibentuk sesuai dengan keinginan konsumen. Di karoseri pula bus memdapatkan tambahan alat keselamatan berupa palu pemukul kaca dan alat pemadam api ringan (APAR).

Di Eropa, bus punya peranti/fitur keselamatan yang harus dibenamkan di dalamnya. Satu yang wajib adalah anti-lock braking system (ABS), sebuah sistem untuk mencegah penguncian roda dan mengendalikan kendaraan saat rem mendadak.

Selain ABS, bus karena punya bodi besar harus dilengkapi electronic braking system (EBS) untuk mengontrol roda sesuai kondisi jalan, kecepatan, muatan dan lainnya. EBS dapat merespons dengan cepat jika terjadi pengeraman tiba-tiba, sistem bekerja dengan meneruskan tekanan pedal rem secara eletronik untuk membantu tarikan rem dan juga dapat menghemat bahan bakar.

Baca Juga : Ada Makna Di Balik Livery Batik Motor Balap Tim Pertamina Mandalika SAG

Ada pula electronic stability control (ESC) untuk meningkatkan stabilitas kendaraan dengan mendeteksi hilangnya kontrol kemudi. ESC segera mengatur rem dan membantu mengarahkan bus saat Sopir lepas kendali. Satu lagi fitur keselamatan yakni adaptive cruise control atau radar cruise control untuk mengatur kecepatan bus secara otomatis ketika dalam posisi terlalu dekat dengan kendaraan lain di depannya.

Lalu, ada pemasangan daytime running light (DRL) dan sistem acceleration skid control untuk meminimalisasi risiko ban slip pada jalan lumpur atau genangan air. Bus juga harus punya sistem telematika untuk mendukung kerja sopir saat melajukan busnya. Telamatika juga mendukug kinerja fitur keselamatan lain, seperti vehicle tracking, perekam aktivitas berkendara, kamera CCTV dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

+ PLUS Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

Bagi umat Konghucu perayaan tahun baru Imlek adalah perayaan keagaman. Bagi warga Tionghoa secara umum, perayaan tahun baru Imlek adalah ungkapan syukur sekaligus harapan tentang kehidupan yang lebih baik.

Berita Terkini

Kratos R, Sepeda Motor Listrik Terbaru dari Tork Kratos

Sempat menghilang dari pasar industri roda dua, produsen motor India Tork Kratos meluncurkan kendaraan listrik, Kratos R.

Ternyata Rambu-Rambu Lalu Lintas Ini Paling Sering Dilanggar

Dalam berkendara di jalan raya, para pengguna kendaraan dibatasi sejumlah rambu lalu lintas yang wajib ditaati.

Hyundai Creta Teruji Ampuh Lahap Rute Pegunungan Batur

Creta yang perdana diproduksi di dalam negeri oleh PT Hyundai Motor Indonesia ini juga cukup hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Honda Jateng & Trooper Custom Berikan Hasil Lelang untuk Anak Difabel

Astra Motor Jateng bersama Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” bersama pemenang lelang helm dan Komunitas CBOCS Solo.

Wajib Tahu, Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan ala Daihatsu

Daihatsu berbagi 3 tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

Honda Revo Semakin Memikat Dengan Striping Baru Berkesan Agresif

Perubahan desain stripe menjadikan Honda Revo series tampil sesuai dengan karakter pengendara yang aktif dalam menjalani aktivitas.

Desain Ala Vespa, Skuter Listrik Komaki Venice Berfitur Modern

Skuter listrik berdesain retro ala Vespa ini dilengkapi sejumlah fitur modern.

Ingin Motor Anda Hemat Bahan Bakar? Ini Caranya

Lantas bagaimana agar bisa menghemat BBM sepeda motor kendati digunakan setiap hari, berikut tipsnya.

Mobil Edisi Khusus Chevrolet, Corvette 70th Anniversary

Corvette 70th Anniversary Edition memiliki velg yang unik dengan center cap serta finishing yang gelap serta garis Edge Red.

Desain Truk Listrik Pininfarina Xingtu yang Aerodinamis dan Ekspansif

Truk bertenaga listrik Pininfarina Xingtu desainnya digarap perusahaan desain mobil Italia Pininfarina.

Bob-e Motor Listrik Bertampang Sangar dari Ignitron Motorcorp

Bob-e merupakan motor listrik produk dari perusahaan rintisan sepeda listrik Ignitron Motocorp dan dirancang khusus untuk pasar India.

Tips Otomotif: Ini Akibatnya Jika Tangki BBM Tak Full

Salah satu kebiasan tidak baik adalah tidak mengisi tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan hingga full.

Kembangkan Kendaraan HEV, Renault Gandeng Geely

Selain memproduksi mobil HEV dan ICE yang rendah emisi, kerja sama itu juga menandai upaya Renault dan Geely untuk mengoptimalkan pasar otomotif kawasan Asia.

Ini Dua Mobil Wuling Terlaris Penjualannya di Indonesia

Ada dua mobil Wuling yang paling laris, sehingga mendongkrak kinerja produsen mobil asal China tersebut.

Cadillac Segera Rilis Produk Baru, Escalade-V 2023

Cadillac dikabarkan segera meluncurkan sebuah kendaraan unggulan terbaru yang digadang-gadang sebagai Cadillac Escalade-V 2023.

Menjajal Ketangguhan Terios Menyusuri Destinasi Menawan di Ibu Kota Negara

Salah satu destinasi yang dituju Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders adalah Bukit Bangkirai yaitu kawasan wisata hutan tropis seluas 1.500 hektare.