Bus Besar di Uji Coba Contra Flow Jl. Slamet Riyadi Punya Tenaga Mirip Supercar
Bus berdimensi besar pinjaman dari pemerintah pusat melintasi jalur contra flow Jl. Slamet Riyadi, Solo, Senin (3/2/2020). (Solopos-Nicolus Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bus pinjaman dari pemerintah pusat digunakan untuk uji coba contra flow Jl. Slamet Riyadi dari Gladak menuju Gendengan, Solo, Senin (3/2/2020). Bus keluaran Vovlo itu memiliki tenaga yang besar hingga mirip dengan supercar.

Bus Volvo yang bertenaga 330 horsepower (HP) digunakan untuk uji coba contra flow. Satu bus ukuran sedang mengikuti di belakang bus Volvo yang memulai start di patung Slamet Riyadi pukul 07.30 WIB.

Uji coba pertama hingga depan Diamond Solo Convention Center melaju dengan kecepatan kira-kira 20 kilometer per jam. Uji coba kedua dari Gladak dengan kecemapatn maksimal 30 kilometer per jam.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Solo, Muhammad Taufiq, menjelaskan uji coba dilakukan untuk menguji kelayakan dimensi bus besar atau bus medium yang akan beroperasi di Koridor Satu. Menentukan ukuran bus yang akan dipilih menunggu hasil analisis video uji coba.

”Kami menguji coba bagaimana dimensi bus dengan kecepatan 30 kilometer per jam. Kami melihat kondisi jalan, parkir, hingga kepadatan lalu lintas. Jangan sampai bus besar dipilih dan terdapat masalah ke depannya,” ujar dia.

Bus Volvo pinjaman pemerintah pusat itu bisa dibilang memiliki tenaga yang luar biasa besar. Pada 2019 lalu, Volvo meluncurkan dua seri bus yang sama-sama punya tenaga besar. Dua jenis bus yang diluncurkan adalah Volvo B11R dan Volvo B8R. Dua bus itu dirilis saat Busworld Sout East Asia Exhibition 2019 di Jakarta pada Rabu (20/3/2019).

Melalui agen pemegang merek PT Indotruck Utama, mereka optimistis mampu memenuhi kebutuhan pasar bus Tanah Air melalui dua produk tersebut.

Presiden Direktur PT Indotruck Utama (ITU) Bambang Prijono mengatakan keunggulan yang menjadi andalan B11R adalah tenaga mesin yang mencapai 430 HP atau yang terbesar di kelas bus. “Bus kami memiliki tenaga 430 HP atau yang terbesar di antara bus-bus lainnya,” ujar dia sebagaimana dikutip dari Bisnis.com.

Bus Volvo B11R dengan 430 HP itu memiliki panjang 11,1-14,2 meter, lebar 2,5-2,6 meter, dan tinggi 5-7,4 meter. Sedangkan untuk Volvo B8R memiliki panjang 10,1-13,1 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 4,5-7,4 meter.

Bus B8R ini punya tenaga hingga 330 HP. Tenaga yang dimiliki dua bus itu hampir mirip dengan supercar yang memiliki tenaga sekitar 500 HP.

Dengan spesifikasi tersebut, Volvo menyasar pada konsumen fleet seperti operator bus pariwisata, termasuk Transjakarta. Untuk harga, Volvo B11R dibanderol dengan harga 1,750 miliar (on the road) sedangkan Volvo B8R dihargai Rp1,450 miliar (on the road).

Sumber: Newswire


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho