SOLOPOS.COM - Demo Buruh (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Para buruh di Jogja ingin bisa ikut mendapat alokasi dana keistimewaan (danais) DIY. mereka berpendapat danais dialokasikan untuk kesejahteraan warga termasuk buruh.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) melakukan aksi unjuk rasa menuntut peningkatan kesejahteraan di depan Kantor Kepatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (31/10/2013)

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dalam orasinya, mereka mengingatkan agar penggunaan danais atas status keistimewaan Jogja juga dialokasikan untuk peningkatan kesejahteraan buruh. Hal itu disebabkan kesejahteraan buruh masih jauh dari harapan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita akan lihat nanti apakah dana keistimewaan akan berpihak kepada rakyat, atau kepada pengusaha,” kata Sekretaris Jenderal ABY, Kirnadi.

Menurut dia dengan status keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seharusnya buruh juga diperlakukan dengan istimewa. Namun demikian ia menilai upah minimum kabupaten/kota masih jauh memenuhi kesejahteraan buruh.

“Dana keistimewaan harus dipergunakan sesuai dengan amanat Undang-Undang yang memprioritaskan kesejahteraan rakyat termasuk buruh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya