Ilustrasi mudik gratis. (Antara-Wisnu Adhi N)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) terus melakukan persiapan program mudik gratis bagi warganya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Untuk keperluan itu, Pemprov Jateng pun telah menyiapkan 290 bus dan tiga rangkaian kereta api.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jateng, Satriyo Hidayat, mengatakan proses pendaftaran program mudik gratis telah dibuka sejak April lalu. Untuk pendaftaran mudik gratis, pemudik cukup menunjukkan KTP di Kantor Perwakilan Jateng, di Jl Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan.

Rencananya, pemudik yang menggunakan bus diberangkatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 1 Juni mendatang. Sementara pemudik yang menggunakan kereta api dan kapal laut, akan diberangkatkan lebih awal, yakni 31 Mei.

“Untuk yang 210 bus dari Pemprov Jateng rencananya berangkat pagi, sisanya sebanyak 80 bus akan berangkat siang. 80 bus itu, 50 di antaranya langsung menuju Wonogiri, dan 30 lainnya menuju Karanganyar,” ujar Satriyo dalam keterangan resmi, Kamis (16/5/2019).

Untuk kereta api, rencananya tiga rangkaian kereta api akan diberangkatkan melalui Stasiun Pasar Senen pada 31 Mei. Kapasitas per rangkaian kereta api memuat sekitar 600 orang pemudik dengan tujuan Solo, Semarang dan Purwokerto.

Selain dari Pemprov Jateng, Kementerian Perhubungan juga akan menyiapkan 800 bus untuk mengangkut pemudik dari Jakarta menuju Solo, Semarang, Purwokerto dan Wonogiri. Bersamaan dengan itu, Kemenhub juga menyiapkan 75 truk yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor para pemudik.

“Ada pula Kapal Roro yang disiapkan gratis dan mampu mengangkut 2000 pemudik dan 2000 sepeda motor. Rencananya kapal Roro itu akan diberangkatkan pada 31 Mei melalui Tanjung Priok,” tambahnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan 210 bus dan 90 truk untuk mengangkut pemudik dan sepeda motor warganya yang ingin pulang kampung ke Jateng.

“Jadi mereka yang ber KTP Jakarta namun ingin mudik ke Jateng, disiapkan menggunakan fasilitas itu [dari Pemprov Jateng]. Bahkan bus bantuan dari Jakarta ini juga akan melayani arus balik nanti, dengan jumlah 160 bus dan 75 truk yang akan diberangkatkan sekitar H+3 lebaran. Selain itu ada juga bus dari Kemenhub sebanyak 180 unit dan satu kapal Roro untuk melayani arus balik,” terangnya.

Satriyo berharap dengan banyaknya fasilitas mudik gratis itu bisa mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Selain memperlancar arus lalu lintas, fasilitas mudik gratis itu diharap juga bisa menurunkan angka kecelakaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten