Tutup Iklan

Buruan Daftar! Kemenaker Buka Beasiswa 1000 Talenta Santri

Kemenaker membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bagi santri di seluruh Indonesia dalam bentuk program pelatihan.

 Salah seorang warga di Kota Solo mencoba mengisi formulir pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri, Sabtu (23/10/2021). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

SOLOPOS.COM - Salah seorang warga di Kota Solo mencoba mengisi formulir pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri, Sabtu (23/10/2021). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bagi santri di seluruh Indonesia. Beasiswa 1000 Talenta Santri diberikan dalam bentuk program pelatihan digital marketing, video editing, fotografi, desain produk, dan virtual event organizing.

Pelatihan akan dilakukan di 17 Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Ketenagakerjaan yang tersebar di berbagai daerah. “Dengan Beasiswa 1000 Talenta Santri ini saya berharap bermunculan para santri kreatif, inovatif, kompeten, dan kompetitif. Santri Kompeten Indonesia Maju,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, seperti dilansir Detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga : Polisi Tangkap Bos Pinjol Pemicu IRT di Wonogiri Gantung Diri

Menaker membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada Jumat (22/10/2021). Ida mengatakan beasiswa tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Ida menyampaikan tantangan ketenagakerjaan ke depan akan semakin berat. Oleh karena itu ia berharap para santri dapat mempersiapkan berbagai kecakapan untuk menghadapi bonus demografi, era digitalisasi, dan dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga : Anggotanya Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf

“Saya mengajak santri di seluruh Indonesia meningkatkan kompetensi, guna menyongsong era yang semakin kompetitif ke depan. Untuk itu, saya mengajak para talenta santri, santri generasi milenial, santri generasi Z untuk melatih diri menghadapi tantangan pekerjaan masa depan dan bonus demografi di depan mata,” tutur Ida.

Begini cara mendaftar Beasiswa 1000 Talenta Santri:

1. Siapkan dokumen
– foto atau scan KTP (jpg/pdf 1 MB)
– CV atau resume terbaru (jpg/pdf maks.10 MB)
– scan atau foto ijazah terakhir (jpg/pdf maks. 1 MB)
– foto berwarna, latar polos warna bebas, pakaian sopan dan rapi (jpg/pdf maks. 1 MB)
– portofolio yang relevan (jpg/pdf maks 1MB)
– esai 500 kata yang mencakup narasi tentang diri, motivasi mengikuti pelatihan, dan rencana setelah mengikuti pelatihan
2. Buka atau klik tautan http://bit.ly/1000talentasantri
3. Isi nama lengkap
4. Isi NIK
5. Isi tempat, tanggal lahir, dan jenis kelamin
6. Isikan alamat, pendidikan, dan nomor WhatsApp
7. Pilih BLK yang dituju atau yang terdekat
8. Tulis alasan ketertarikan mengikuti beasiswa dan sumber informasinya
9. Salin esai yang disiapkan
10. Unggah dokumen yang disiapkan
11. Klik Submit


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

PMI Kerahkan 2 Unit Hagglund ke Lokasi Erupsi Semeru, Ini Kekuatannnya

Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan 2 unit mobil Hagglund ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

10 Berita Terpopuler: 20 Ramalan Jayabaya hingga Kisah Novia Widyasari

Ulasan tentang misteri ramalan Jayabaya yang dikatakan akan terjadi pada tahun 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (6/12/2021).

Solopos Hari Ini: Pekerjaan Besar Mitigasi Erupsi

Letusan besar Gunung Semeru telah menyebabkan 14 orang meninggal dunia dan ribuan orang terdampak. Mitigasi letusan gunung api-yang aktivitasnya selalu terpantau sejak awal-menjadi sorotan.

Sejarah Hari Ini : 6 Desember 1992, Penghancuran Masjid Babri India

Insiden penghancuran Masjid Babri di India merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Korban KKB, Persiapan Syukuran yang Berubah Jadi Kabar Duka

Keluarganya pun berencana membuat syukuran untuk menyambut kepulangan Serda Putra namun acara tersebut berubah menjadi duka.

Kirim 9 Personel, IOF Jateng Dirikan Dapur Umum di Lereng Semeru

Kesembilan anggota IOF Jateng itu selama ini kerap berjibaku sebagai sukarelawan SAR di Soloraya dan Jawa Tengah.

Relawan SAR Soloraya: Pengungsi Butuh Pakaian dan Perlengkapan Bayi

Di kelurahan Sumber Wulung ada satu dusun yang masih tertimbun abu Semeru dan belum bisa dilakukan evakuasi akibat tebalnya material letusan.

Satu Dusun Tertimbun Abu Semeru, 22 Orang Dalam Pencarian

Dari data yang diperoleh Solopos.com, Minggu malam, ada 22 orang yang belum diketahui nasib mereka.

Kumandang Azan Satu Jam Sebelum Jembatan Putus Akibat Erupsi Semeru

Tampak di lokasi itu diguyur hujan deras dan kabut, sang sopir yang takut sambil mengendarai kendaraannya itu langsung dirinya mengumandangkan suara azan.

Ternyata, Siskaeee Rekam Aksi Tak Senonoh di Sejumlah Tempat di DIY

Siskaeee mengaku melakukan aksi tak senonoh di sejumlah tempat di D.I. Yogyakarta. 

Pamer Aurat di Mana-Mana, Siskaeee Menderita Gangguan Mental?

Eksibisionisme masuk dalam kategori Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), salah satu gangguan mental, dan ini cukup membuat seseorang harus mendapatkan pertolongan.

Almarhumah NWR Pernah Laporkan Kasus Asusila ke Kampus

Agus Suman menyatakan Universitas Brawijaya (UB) mengapresiasi dan mendukung langkah Polri dalam menangani kasus bunuh diri NWR.

Ini 20 Ramalan Jayabaya Terjadi di Tahun 2022

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa di tahun 2022 atau zaman kalasurata ini, akan terjadi kiamat kubra.

Ini Dia Mitos tentang Gunung Semeru yang Perlu Anda Tahu

Karena itulah tidak heran ada yang menghubungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan bahwa Pulau Jawa akan terbelah.