SOLOPOS.COM - Salah seorang warga di Kota Solo mencoba mengisi formulir pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri, Sabtu (23/10/2021). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Ketenagakerjaan membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bagi santri di seluruh Indonesia. Beasiswa 1000 Talenta Santri diberikan dalam bentuk program pelatihan digital marketing, video editing, fotografi, desain produk, dan virtual event organizing.

Pelatihan akan dilakukan di 17 Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Ketenagakerjaan yang tersebar di berbagai daerah. “Dengan Beasiswa 1000 Talenta Santri ini saya berharap bermunculan para santri kreatif, inovatif, kompeten, dan kompetitif. Santri Kompeten Indonesia Maju,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, seperti dilansir Detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Polisi Tangkap Bos Pinjol Pemicu IRT di Wonogiri Gantung Diri

Ekspedisi Mudik 2024

Menaker membuka pendaftaran Beasiswa 1000 Talenta Santri bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada Jumat (22/10/2021). Ida mengatakan beasiswa tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Ida menyampaikan tantangan ketenagakerjaan ke depan akan semakin berat. Oleh karena itu ia berharap para santri dapat mempersiapkan berbagai kecakapan untuk menghadapi bonus demografi, era digitalisasi, dan dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga : Anggotanya Diduga Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf

“Saya mengajak santri di seluruh Indonesia meningkatkan kompetensi, guna menyongsong era yang semakin kompetitif ke depan. Untuk itu, saya mengajak para talenta santri, santri generasi milenial, santri generasi Z untuk melatih diri menghadapi tantangan pekerjaan masa depan dan bonus demografi di depan mata,” tutur Ida.

Begini cara mendaftar Beasiswa 1000 Talenta Santri:

1. Siapkan dokumen
– foto atau scan KTP (jpg/pdf 1 MB)
– CV atau resume terbaru (jpg/pdf maks.10 MB)
– scan atau foto ijazah terakhir (jpg/pdf maks. 1 MB)
– foto berwarna, latar polos warna bebas, pakaian sopan dan rapi (jpg/pdf maks. 1 MB)
– portofolio yang relevan (jpg/pdf maks 1MB)
– esai 500 kata yang mencakup narasi tentang diri, motivasi mengikuti pelatihan, dan rencana setelah mengikuti pelatihan
2. Buka atau klik tautan http://bit.ly/1000talentasantri
3. Isi nama lengkap
4. Isi NIK
5. Isi tempat, tanggal lahir, dan jenis kelamin
6. Isikan alamat, pendidikan, dan nomor WhatsApp
7. Pilih BLK yang dituju atau yang terdekat
8. Tulis alasan ketertarikan mengikuti beasiswa dan sumber informasinya
9. Salin esai yang disiapkan
10. Unggah dokumen yang disiapkan
11. Klik Submit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya