SOLOPOS.COM - Warga yang sedang menikmati car free day di Jl Slamet Riyadi, Sriwedari, Solo membubuhkan tulisan berupa harapan bagi Wakil Walikota Solo yang baru, Minggu (30/9/2012). (Foto: JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Warga yang sedang menikmati car free day di Jl Slamet Riyadi, Sriwedari, Solo membubuhkan tulisan berupa harapan bagi Wakil Walikota Solo yang baru, Minggu (30/9/2012). (Foto: JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO– Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), masih sibuk menampung masukan calon wakil walikota (Wawali) dari berbagai elemen masyarakat. Dari banyaknya usulan yang masuk, dia berharap semua pihak bisa menghormati keputusan DPC kelak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Nanti kami cuma bisa mengusulkan dua nama ke DPRD. Siapa pun yang dipilih, kami berharap semua bisa menerima dan menjadikan Solo lebih baik dari kemarin,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (30/9/2012)

Terpisah, masyarakat Solo berharap dengan Wawali yang baru. Virginia Ayu, 25, menuliskan calon wakil walikota (Wawali) Solo andalannya. Termenung sejenak, Virginia pun menorehkan nama “Suryo Tri S” dalam banner bertuliskan Usul-Usil Calon Wakil Walikota Pasca Jokowi di CFD Solo, Minggu.

Warga pun berteka-teki ihwal nama yang dicalonkan perempuan ini. “Itu kakak saya sendiri,” ujarnya kepada JIBI/SOLOPOS sambil terkekeh.

Di area car free day (CFD), Minggu (30/9) pagi, warga berkesempatan mengusulkan langsung nama cawawali idolanya. Nama-nama tokoh seperti Ahmad Purnomo, Tedjowulan dan Hilmi A Sakdillah tampak mencuat dalam daftar usulan.

namanya usul-usil, sejumlah rekomendasi pun bikin tertawa geli. Nama-nama awam  seperti Astro, Ajeng, Tukino hingga Presiden Republik Aeng-aeng, Mayor Haristanto, pun masuk daftar nominasi.

Diungkapkan Virginia, pilihannya mencalonkan kakaknya sendiri bukan tanpa alasan. Ia memandang, bakal calon Wawali yang kerap dibicarakan di media massa selama ini kurang dirasakan kiprahnya di masyarakat. “Saya pribadi kurang mengenal mereka. Namun siapa pun yang terpilih nanti, saya harap bisa menjadi pemimpin yang jujur dan rendah hati,” katanya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDI Perjuangan Solo, YF Sukasno, yang sempat hadir dalam acara, mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut. Lelaki yang juga Ketua DPRD Solo ini siap menampung usulan sepanjang diusulkan lebih dulu ke partai.

Sementara, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Solo pun tak mau kalah memberi masukan. Dalam kegiatan bertajuk Harapan Solo untuk Wakil Walikota Baru itu, KNPI menyerap aspirasi warga ihwal kriteria Wawali yang ideal. “Segera setelah aspirasi ini lengkap, kami akan menyampaikannya ke DPRD sebagai rekomendasi kriteria pemilihan Wawali,” ujar Ketua KNPI Solo, Her Suprabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya