BURSA TRANSFER : Klub-Klub Liga Inggris Sudah Habiskan Rp8,2 Triliun
Henrikh Mkhitaryan (Reuters / Henry Browne)

Bursa transfer diwarnai dengan belanja besar oleh klub-klub Liga Premier Inggris.

Solopos.com, SOLO – Bursa transfer musim panas 2016 baru berjalan separuhnya. Namun, tim-tim Liga Premier Inggris sudah melakukan belanja besar-besaran. Total klub-klub itu sudah mengeluarkan 475 juta poundsterling (Rp8,2 triliun) untuk belanja pemain.

Fakta tersebut diungkapkan oleh perusahaan keuangan, Deloitte, yang dilansir BBC, Rabu (3/8/2016). Angka 472 juta poundsterling tersebut merupakan total belanja klub-klub Premier League mulai 1-31 Juli 2016. Bursa transfer sendiri masih akan terus dibuka hingga akhir Agustus 2016 mendatang.

Meski menunjukkan angka fantastis, jumlah dana 475 juta poundsterling itu menurun dibandingkan periode yang sama musim lalu. Saat itu, klub-klub Premier League menghabiskan dana 515 juta poundsterling untuk belanja pemain sepanjang Juli 2015.

Meski menurun dibanding musim lalu, namun hasil akhir dari total belanja bisa saja lebih banyak dari musim lalu. Apalagi, klub-klub top Premier League belum selesai dalam melakukan aktivitas belanja. Contohnya, Manchester United yang terus dikaitkan dengan Paul Pogba dan siap mengeluarkan dana fantastis.

"Prospek bertambahnya jumlah pemasukan dari kesepakatan hak siar musim depan telah membuat klub-klub Premier League berani melakukan investasi di bursa transfer ini untuk menjadikan mereka sangat kompetitif," ucap Senior Manajer Deloitte, Alex Thorpe, dikutip dari BBC.

"Dengan masih ada satu bulan tersisa di bursa transfer, beberapa transfer signifikan sudah mendekati deal, dan beberapa klub belum sepenuhnya masuk ke bursa transfer. Kita mungkin akan melihat rekor belanja klub Premier League. Mungkin akan melewati angka 1 miliar poundsterling untuk kali pertama," lanjutnya.

Bursa transfer musim panas di Premier League memang berlangsung panas. MU melakukan dua pembelian besar yakni Henrikh Mkhitaryan dan Eric Bailly. Kemudian sang tetangga, Manchester City, mendatangkan Ikay Gundogan, Leroy Sane, dan Nolito.

Liverpool total mendatangkan tujuh pemain, namun dua pembelian terbesar mereka adalah Sadio Mane dan Giorginio Wijnaldum. Sementara Chelsea mendatangkan N'Gol Kante dan Michi Batsuayi. Sedangkan, Granit Xhaka menjadi pembelian terbesar Arsenal.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom