SOLOPOS.COM - John Stones merayakan golnya ke gawang Manchester United (Twitter/@Everton)

Bursa transfer diwarnai dengan bergabungnya John Stones dengan Manchester City.

Solopos.com, MANCHESTER — Harga fantastis sudah biasa disematkan pada pemain yang berposisi sebagai striker atau pemain ofensif. Namun bagaimana dengan harga para bek alias defender?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para bek seperti pahlawan tanpa tanda jasa. Jika tim mereka kebobolan, para bek tersebut yang akan disalahkan dan dituding harus bertanggung jawab terlebih dahulu. Sebaliknya, apabila timnya menang, peran bek-bek tersebut jarang diperhitungkan atau mendapat pujian.

Namun, berbeda dengan John Stones. Bek Everton tersebut akhirnya resmi bergabung dengan Manchester City dengan banderol 47,5 juta poundsterling atau setara kurang lebih Rp809 miliar. Kepastian transfer Stones itu diumumkan pada Selasa (9/8/2016). Pemuda berusia 22 tahun tersebut menandatangani kontrak berdursi enam tahun untuk menjadi bagian revolusi City di tangan manajer anyar mereka, Josep “Pep” Guardiola.

Harga itu membuat Stones menjadi bek termahal di daratan Inggris. Sebelumnya, rekor defender paling mahal di Negeri Ratu Elizabeth II dipegang Luke Shaw saat dibeli Manchester United dari Leeds United dengan harga 30 juta poundsterling (Rp510,8 miliar) pada 2014. Sementara Stones berada di urutan kedua sebagi bek termahal dunia di bawah David Luiz yang didatangkan Paris Saint-Germain (PSG) dari Chelsea dengan dana 50 juta poundsterling (Rp851,7 miliar) pada 2014.

“John bek muda Inggris yang sempurna dan kami benar-benar senang dia bergabung dengan kami. Kami bekerja keras untuk membawa dia ke City dan kami merasa telah mendapatkan salah satu bek sentral terbaik di Eropa,” ujar Direktur Olahraga Manchester City, Txiki Begiristain, dalam situs resmi klub, seperti dilansir Reuters, Selasa.

Harga transfer Stones ke City melesat berkali-kalipat apabila dibandingkan ketika dirinya dibeli Everton dari Barnsley dengan banderol 3 juta poundsterling (Rp51,1 miliar) pada 2013. “Saya tak sabar memulai  panggung berikutnya dalam karier saya. Saya benar-benar sudah melihat apa yang terjadi di sini, di Etihad, ini klub ambisius dengan manajer hebat, jadi saya tidak sabar untuk masuk bagian dan membantu mencapai target,” ujar Stones.

Duo Manchester, yakni Manchester United dan Manchester City, sepertinya berlomba-lomba mendatangkan amunisi baru menjelang kick-off Liga Premier 2016/2017, akhir pekan ini. Hanya selang sehari United resmi mengumumkan memperoleh Paul Pogba dari Juventus dengan banderol 89 juta poundsterling (Rp1,5 triliun) untuk memecahkan rekor dunua, City mendatangkan Stones sebagai bek termahal dunia.

Stones menjadi pembelian kedelapan The Citizens musim panas ini. Dia mengikuti jejak Ilkay Gundogan, Nolito, Aleksandar Zinchenko, Aaron Mooy, Marlos Moreno, Leroy Sane, dan Gabriel Jesus yang lebih dahulu memastikan berkostum Manchester Biru. Sementara Pogba menjadi pembelian keempat Jose Mourinho sejak ditunjuk sebagai nakhoda anyar United setelah defender Eric Bailly, striker Zlatan Ibrahimovic, dan gelandang Henrikh Mkhitaryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya