SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bursa transfer musim panas ini memberi kejutan tersendiri setelah pemain Liverpool Raheem Sterling akhirnya dibeli Manchester City.

Solopos.com, MANCHESTER— Keinginan Raheem Sterling meninggalkan Liverpool akhirnya kesampaian. Pemuda berusia 20 tahun itu resmi dijual ke Manchester City dengan banderol 49 juta poundsterling atau sekitar Rp1,01 triliun!

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Harga itu menempatkan Sterling sebagai pemain  berpaspor Inggris termahal di sejarah lantai bursa transfer. Dia juga menempati peringkat termahal kedua pemain asal Britania Raya, setelah pemain Wales, Garteh Bale, ketika dijual dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid dengan mahar 85,3 juta poundsterling pada 2013/2014.

Eks pemain Queens Park Rangers (QPR) itu tinggal menunggu pemeriksaan medis untuk resmi mengenakan kostum The Citizens, julukan City. “Situasinya sangat simpel. Klub sepakat dengan transfer Raheem dan tinggal tes medis untuk menuntaskannya,” ungkap Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, di sela-sela tur pramusim Liverpool di Bangkok, Thiland, seperti dilansir Reuters.

Proses transfer Sterling mirip cerita sinetron yang penuh drama. Jauh-jauh hari, pemain yang dibeli Liverpool dari QPR pada usia 15 tahun tersebut menolak tawaran perpanjangan bernilai 100.000 poundstering (Rp2,07 miliar) per pekan.

Sinyal Sterling hengkang dari Anfield ditangkap dengan baik City. Tim polesan Manuel Pellegrini itu dua kali mengajukan penawaran untuk memboyong Sterling dari Anfield. Seperti dilansir The Guardian, dalam penawaran pertama City mengajukan harga 25 juta poundsterling (Rp517,1 miliar)-30 juta poundsterling (Rp620,5 miliar), sementara penawaran kedua dimulai dari kisaran 35 juta poundsterling-40 juta poundsterling. Namun, Liverpool masih menolaknya dan bersikukuh dengan banderol 50 juta poundsterling (Rp1,03 miliar).

Tapi hasrat Sterling keluar dari Anfield sepertinya sudah tak bisa ditahan. Akhir pekan lalu, ia berbuat ulah dengan absen latihan dua hari beruntun.  Striker yang mengoleksi tujuh gol di musim lalu itu beralasan sakit dan meminta agar tidak disertakan dalam tur pramusim Liverpool ke Asia-Australia.

“Kontras dengan pekan lalu, seperti apa yang tertulis [di media-media], Raheem dan saya selalu memiliki hubungan erat, dan sampai dia meninggalkan klub. Tidak ada masalah di sana. Saya bicara dengan Raheem cukup lama kemarin, tidak ada masalah,” jelas Rodgers menepis rumor itu.

Pada Minggu (12/7/2015) waktu setempat, Liverpool akhirnya sepakat dengan panawaran kali ketiga City yang memasang harga 49 juta poundstering untuk transfer Sterling. Dia akan mendapatkan gaji 200.000 poundsterling (Rp4,1 miliar) per pekan di Stadion Etihad, markas City.

“Saya harap LFC [Liverpool FC] membeli para pemain sebagus seperti yang mereka jual,” urai mantan defender Liverpool yang juga kolomnis di Daily Mail, Jamie Carragher.

Sementara itu, kedatangan Sterling ke Etihad bakal membuat penyerang City, Edin Dzeko angkat kaki dari Manchester Biru. Penyerang asal Bosnia itu diminati AS Roma. Bahkan tim berjuluk Srigala Ibu Kota Italia tersehut telah mengutus Direktur Olahraga Walter Sabatini untuk terbang ke Manchester untuk bernegosiasi soal transfer Dzeko.

Namun City hanya mau menjual Dzeko dengan banderol 20 juta poundsterling (Rp413,6 miliar), sementara Roma hanya mengajukan tawaran 14 juta poundsterling (Rp289 miliar). (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Transfer Termahal Pemain Berdarah Inggris
No          Pemain Waktu Transfer Klub Asal              Klub Tujuan        Harga
1              Raheem Sterling               Juli2015                Liverpool             Manchester City               £49juta
2              Andy Carroll       Januari 2011       Newcastle United            Liverpool             £35 juta
3              Rio Ferdinand    Juli 2002               Leeds United     Manchester United        £29,1 juta
4              Rio Ferdinand    November 2000                West Ham United            Leeds United     £18 juta
5              Alan Shearer      Juli 1996               Blackburn Rovers             Newcastle United            £15 juta
6              Stan Collymore Juni 1995              Nottingham Forest          Liverpool             £8,5 juta
7              Andy Cole          Januari 1995       Newcastle United            Manchester United        £7 juta
8              Paul Gascoigne Juni 1992              Tottenham Hotspur        Lazio      £5,5 juta
 
Ket: 1  poundsterling (£) = Rp20.637,16 (kurs sekarang)
Sumber: Daily Mail. (hkt/JIBI)

Raheem Sterling akhirnya hengkang dari Liverpool dan bergabung dengan Manchester City. Ist/telegraph

Raheem Sterling akhirnya hengkang dari Liverpool dan bergabung dengan Manchester City. Ist/telegraph

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya