SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa dibuka naik sebesar 8,62 poin seiring dengan ekspektasi membaiknya ekonomi global.

IHSG BEI dibuka naik sebesar 8,62 poin atau 0,18 persen ke posisi 4.893,71, sementara itu, indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 2,24 poin (1,27 persen) ke level 825,82.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Sejumlah data yang rilis dari negara-negara Asia seperti Tiongkok dan Jepang menunjukan hasil yang positif bagi pasar saham global, termasuk indeks BEI,” kata Head of Research Valbury Asia Securities, Alfiansyah, di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan bahwa membaiknya data-data Tiongkok dan Jepang diharapkan dapat mendorong global dari ancaman perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu dari dalam negeri, lanjut dia, masih terkait faktor politik yakni debat calon presiden dan wakil presiden, debat itu dinilai baik karena dapat menunjukan visi dan misi dari capres-cawapres, dan pelaku pasar akan menilai.

Analis Samuel Sekuritas, Aiza, menambahkan bahwa faktor teknikal mendorong indeks BEI setelah mengalami tekanan cukup signifikan pada hari sebelumnya.

“Kami melihat IHSG akan cenderung menguat hari ini untuk mengkompensasi penurunan kemarin (9/6),” katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, sentimen dari eksternal juga cenderung positif bagi pasar saham menyusul cukup baiknya data ekonomi Amerka Serikat seperti data indeks manufaktur dan jasa serta nonfarm payrolls.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng menguat 10,99 poin (0,05 persen) ke level 23.128,46, indeks Nikkei turun 78,10 poin (0,52 persen) ke level 15.044,22 dan Straits Times melemah 10,20 poin (0,31 persen) ke posisi 3.295,10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya