Tutup Iklan

BURSA SAHAM HARI INI : Ikuti Bursa Global, IHSG Melemah 12,31 Poin

BURSA SAHAM HARI INI : Ikuti Bursa Global, IHSG Melemah 12,31 Poin

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Bursa saham hari ini, IHSG, melemah 12,31 poin atau 0,23%.

Solopos.com, JAKARTA — Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) melanjutkan pelemahannya pada awal perdagangan hari ini, Rabu (26/10/2016).

IHSG hari ini dibuka turun 0,19% atau 10,12 poin di level 5.387,70 dan melemah 0,23% atau 12,31 poin ke level 5.385,51 pukul 09.06 WIB. Pada perdagangan Selasa (25/10/2016), IHSG ditutup dengan pelemahan 0,43% atau 23,18 poin ke level 5.397,82.

Sebanyak 12 saham bergerak menguat, 16 saham bergerak melemah, dan 510 saham stagnan dari 538 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini.

Delapan dari sembilan indeks sektoral IHSG bergerak negatif dengan tekanan utama dari sektor aneka industri yang melemah 0,74% dan sektor finansial yang turun 0,72%. Adapun sektor tambang menjadi satu-satunya sektor yang bergerak positif dengan penguatan 0,63%.

Dalam risetnya, Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi IHSG berpotensi melemah pada perdagangan Rabu ini, mengikuti bursa global. Tim riset Samuel Sekuritas memaparkan dari pasar regional Asia, mayoritas bursa utama melemah. Saat ini IHSG masih diwarnai oleh wait and see para investor terhadap rilisnya laporan keuangan.

“Kami prediksikan IHSG hari ini berpeluang terkoreksi mengikuti pelemahan bursa global serta fokus investor terletak pada pengesahan RAPBN 2017 pada sidang paripurna. Rupiah ditutup menguat tipis setelah melemahnya dollar index serta rupiah masih berpeluang menguat di minggu ini,” katanya dalam riset.

Sementara itu, mayoritas bursa AS ditutup melemah setelah data kepercayaan konsumen dibawah ekspektasi dan memicu kembali kekhawatiran atas prospek ekonomi AS. Sama halnya dengan bursa AS, bursa Eropa ditutup melemah setelah sektor farmasi memimpin pelemahan pasca rilisnya laporan kinerja emiten.

Saat ini fokus investor masih tetap menunggu rilisnya kinerja emiten dan data ekonomi, di tengah spekulasi kenaikan suku bunga pada Desember 2016 serta pelonggaran kuantitatif Bank Sentral Eropa.

Harga minyak ditutup melemah setelah adanya spekulasi bahwa Rusia tidak akan bergabung dengan OPEC untuk menekan pasokan dan stok minyak AS pada Oktober 2016 diprediksi naik.

Sejalan dengan pergerakan IHSG, indeks Bisnis27 juga melemah 0,56% atau 2,67 poin ke 475,70, setelah dibuka turun 0,31% atau 1,50 poin di posisi 476,87. Sementara itu, pergerakan nilai tukar rupiah terpantau berbalik melemah tipis 0,02% atau 3 poin ke Rp13.008/US$ pada pukul 09.04 WIB.

Saham-saham yang melemah pada awal perdagangan:

BBRI -1,23%
BMRI -1,34%
UNVR -0,62%
TLKM -0,48%

Saham-saham yang menguat pada awal perdagangan:

BBCA +0,65%
ADRO +1,31%
SCMA +1,11%
SILO +2,64%

Sumber: Bloomberg

Berita Terkait

Berita Terkini

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.

Klaten Zona Merah, Anak Balita Dan Kelompok Rentan Dilarang Ke Pusat Perbelanjaan

Instruksi Bupati Klaten melarang anak balita, warga lansia, ibu hamil, dan kelompok rentan lainnya masuk ke pusat perbelanjaan.