SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Bursa saham hari ini, IHSG, bergerak menguat 64,08 poin.

Solopos.com, JAKARTA — IHSG hari ini dibuka naik 0,74% atau 39,73 poin ke level 5.382,32 dan menguat 1,20% atau 64,08 poin ke level 5.406,68 pukul 09.05 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 41 saham bergerak menguat, satu saham bergerak melemah, dan 494 saham stagnan dari 536 saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pukul 09.05 WIB.

Sebanyak sembilan indeks sektoral IHSG bergerak positif dengan support utama dari sektor tambang yang menguat 1,95%, sektor aneka industri yang menanjak 1,83%, dan sektor industri dasar yang naik signifikan 1,26%.

Dalam risetnya hari ini, Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi IHSG bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini, merefleksikan kenaikan indeks AS dan Eropa.

Tim riset Samuel Sekuritas memaparkan indeks AS semalam ditutup menguat menyambut keputusan the Fed yang tidak merubah suku bunga acuannya. Beberapa data penting pekan ini yang menjadi fokus antara lain initial jobless, continuing claims.

Adapun, perhatian investor kini tertuju pada debat kandidat presiden Donald Trump dan Hillary Clinton yang akan diadakan Senin malam. Selain itu, pasar juga tengah mengukur potensi kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun ini.

Dari pasar Eropa, indeks tercatat menguat setelah Bank of Japan mengumumkan beberapa kebijakan baru untuk mendorong aktivitas makro negara tersebut

Sementara itu, dari pasar komoditas dunia, harga minyak tercatat menguat setelah AS mengumumkan penurunan tajam crude inventories. Harga emas juga mengalami kenaikan dan menyentuh level tertingginya sejak 9 September.

Pagi ini, indeks di APAC ditransaksikan naik, didorong oleh keputusan The Fed yang sejalan dengan ekspektasi pasar. “Kami memperkirakan IHSG akan kembali mengalami penguatan merefleksikan kenaikan indeks AS dan Eropa,” papar riset tersebut.

Sejalan dengan penguatan IHSG, pergerakan indeks Bisnis27 juga terpantau menguat 1,54% atau 7,31 poin ke 482,17, setelah dibuka dengan kenaikan tajam 1,11% atau 5,29 poin di posisi 480,15. Sementara itu, rupiah terpantau menguat 0,30% atau 39 poin ke Rp13.098/US$ pada pukul 09.04 WIB.

Saham-saham yang menguat pada awal perdagangan:

ASII +2,34%
TLKM +1,19%
HMSP +1,00%
BBCA +1,15%

Saham yang melemah pada awal perdagangan:

AKRA -0,75%

Sumber: Bloomberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya