SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, SOLO — Bursa saham Asia jatuh untuk hari ketiga dan indeks acuan regional Asia berada di level terendah selama tiga bulan dalam penutupan kemarin, Selasa (23/9/2014). Hal ini mengikuti jatuhnya saham-saham AS dan penguatan nilai yen.

Indeks MSCI Asia Pacific (MXAP) turun 0,1% ke 142,99 pada pukul 09.01 waktu Tokyo atau di posisi terendah sejak 4 Juni 2014. Sementara itu, indeks S&P 500 (SPX) juga jatuh untuk hari ketiga dalam penutupan kemarin setelah kebijakan pajak pemerintah AS, perlambatan pertumbuhan manufaktur di Eropa, dan konflik timur tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saham-saham Asia rata-rata turun 4,2% dibandingkan saat mencapai level tertinggi Juli lalu karena kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi China.

“Kekhawatiran terhadap tensi politik di Timur Tengah bercampur kekhawatiran pertumbuhan ekonomi Eropa membuat semua serba berisiko,” kata peneliti dari Perpetual Ltd Sidney, Matthew Sherwood, dikutip Solopos.com dari Bloomberg.

Indeks Topix Jepang anjlok 0,7% saat yen menguat 0,3% menjadi 108,58 per dolar. Indeks Kospi Korsel turun 0,1%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,3%, dan indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya