SOLOPOS.COM - Logo Samsung (Google.com)

Solopos.com, TAIPEI — Kepercayaan publik terhadap gadget Samsung ternyata bukan hanya terlihat di pasar Indonesia. Samsung dinyatakan sebagai penguasa pasar Android dunia dengan market share tertinggi yang mencapai 65%.

Ubergizmo, Minggu (16/3/2014), pusat perdagangan Taiwan memublikasikan Samsung telah menguasai 65% pasar smartphone Android global. Angka ini cukup fantastis mengingat sebagian besar pesaingnya tidak mampu melebihi angka 10%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sony misalnya hanya memperoleh 5% pasar Android global. Perusahaan lain, LG Electronics, HTC, dan Motorola Mobility kebagian market shares tak jauh berbeda

Angka ini sekilas memang mengejutkan, namun bila dicermati, tren ini bisa dimaklumi. Pasalnya, perusahaan asal Korea Selatan itu telah menyediakan berbagai tipe peranti teknologi informasi, mulai produk low-end, middle-end, hingga high-end.

Kabar ini dapat dijadikan indikasi bahwa Samsung telah merajai pasar ponsel secara global. Pasalnya Android hingga akhir 2013 telah dinobatkan sebagai penguasa pasar ponsel dunia.

Menjelang akhir 2013, pengguna ponsel berbasis Android meningkat tajam. OS ini mendominasi dunia dengan meraup 81% pangsa pasar. Ini adalah rekor baru yang dipecahkan sistem operasi dengan ikon robot itu. Dilansir The Next Web, Jumat (1/11/2013), Android mengungguli Apple yang hanya mencatat 13,4 persen pengguna di seluruh dunia.

Badan riset pasar dunia, Strategy Analitics mengungkap perangkat Android kini berada di 204,4 juta gadget. Meningkat drastis dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 129,6 juta. Sementara itu, dari semua pesaing Samsung, Lenovo diprediksi memiliki kesempatan yang tinggi untuk bertengger di belakang Samsung.

Dalam artian, perusahaan asal China itu disebut bakal menyalip LG yang saat ini berada di posisi ke-2 sebagai produsen smartphone Android terkemuka. Langkah akuisisi Lenovo atas Motorola Mobility diharapkan dapat mendongkrak market share. Lenovo secara luas dikenal di wilayah Asia sebagai vendor yang menyajikan perangkat berkualitas dengan harga terjangkau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya